Fasilitas tumbuh kembang anak dengan konsep ruang alami untuk mendukung pertumbuhan masa puncak (the golden age) anak

Yeoh, Jason (2023) Fasilitas tumbuh kembang anak dengan konsep ruang alami untuk mendukung pertumbuhan masa puncak (the golden age) anak. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
315190016_JASON_Cover.pdf

Download (198kB)
[img] Text
315190016_JASON_Pengesahan.pdf

Download (191kB)
[img] Text
315190016_JASON_Daftar Isi.pdf

Download (178kB)
[img] Text
315190016_JASON_Abstrak.pdf

Download (23kB)
[img] Text
315190016_JASON_Bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text
315190016_JASON_Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] Text
315190016_JASON_Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] Text
315190016_JASON_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (983kB)
[img] Text
315190016_JASON_bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
315190016_JASON_Daftar Pustaka.pdf

Download (177kB)

Abstract

Golden age merupakan masa pertumbuhan yang hanya terjadi sekali pada usia sejak lahir hingga 6 tahun. Namun dengan adanya inflasi, perkembangan zaman, dan kemajuan zamandi kota Jakarta membuat suami / istri dipaksa untuk sibuk bekerja. Buktinya jumlah pekerja wanita terus mengalami peningkatan hingga 49,99%. Sehingga tidak menutup kemungkinan masa pertumbuhan anak menjadi tidak terawasi maupun terlewatkan. Dengan melewatkan masa golden age dapat menyebabkan masalah pada anak untuk bersosialisasi, masalah untuk berbicara, masalah untuk bergerak, dan mengalami atrofi (penyusutan otak) yang dapat mepengaruhi tingkat kecerdasan anak. Selain itu, kualitas pembelajaran yang di Indonesia juga masih belum optimal karena penerapan metode pembelajaran yang masih bersifat konvensional. Maka dengan menggunakan metode pembelajaran pedagogi reggio emilia yang berarti ruang bertindak sebagai guru ketiga dapat menjadi sebuah solusi. Untuk mecapai metode pembelajaran tersebut maka dibutuhkan pendekatan tipologi baru ruang dalam proses percanngannya. Penyusununan program bangunan disusun dengan menggunakan teori transprograming yang mengkombinasi tiga fungsi program yang berberda. Dimana program utama dalam perancangan adalah child care dan sekolah yang didukung dengan program kedua yaitu children garden. Sedangkan program ketiganya adalah program intimate space yang dapat memicu interaksi hubungan antara orang tua dan anak. Kaitan dari penggunaan transprograming dan tipologi baru adalah untuk mencampurkan kebutuhan program ruang dan mengembangkan susunan ruang yang sudah baku menjadi sunan bentuk yang baru agar fungsi ruang menjadi lebih maksimal. Kata kunci: Golden age; pedagogi reggio emilia; tipologi ; transprograming

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 02 Jan 2024 01:24
Last Modified: 02 Jan 2024 01:24
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/42508

Actions (login required)

View Item View Item