Niskala srawung: ruang budaya terampil dalam membangun kreativitas anak-anak kampung pemulung Cilincing

Chandra, Adi (2023) Niskala srawung: ruang budaya terampil dalam membangun kreativitas anak-anak kampung pemulung Cilincing. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
315190066_ADI_Cover.pdf

Download (82kB)
[img] Text
315190066_ADI_Pengesahan.pdf

Download (29kB)
[img] Text
315190066_ADI_Daftar Isi.pdf

Download (56kB)
[img] Text
315190066_ADI_Abstrak.pdf

Download (8kB)
[img] Text
315190066_ADI_Bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
315190066_ADI_Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
315190066_ADI_Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] Text
315190066_ADI_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (911kB)
[img] Text
315190066_ADI_Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] Text
315190066_ADI_Bab 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img] Text
315190066_ADI_Daftar Pustaka.pdf

Download (70kB)

Abstract

Fenomena anak-anak bekerja di jalanan merupakan suatu gejala global. Tercatat Jumlah anak pekerja sebagai pemulung di Jakarta menurut BPS pada tahun 2022 terdapat 289 anak dengan rata-rata usia 6 sampai 18 tahun. Jakarta Utara, Kecamatan Cilincing merupakan penyumbang terbesar dengan angka 48 persen. Faktor utama perkembangan anak yang tidak terpenuhi secara edukasi, rohani, jasmani maupun sosial yaitu kondisi ekonomi keluarga. Permasalahan ekonomi yang tidak mencukupi mengharuskan mereka para orang tua mengikutsertakan anak untuk bekerja dan menjadikan anak sebagai media untuk mencari uang demi keberlangsungan hidup. Anak-anak yang hidup dalam kemiskinan sering kali terperangkap dalam situasi penuh penderitaan serta masa depan yang suram dan mengganggap pendidikan tidak lagi penting bagi mereka. hal tersebut akan terus terjadi dan akan terus mengalami ketimpangan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi tepat dalam memutuskan mata rantai lingkaran kemiskinan mereka melalui arsitektur yang berempati dan pendekatan metode waldorf pedagogy yang mengedepankan ketiga aspek user yang saling berkaitan antara anak, orang tua, dan alam. Maka dari itu dihasilkan konsep yang dapat mewadahi serta memberikan sebuah pelatihan keterampilan praktis dengan kemampuan yang mereka miliki dan minati serta mengembangkan para anakanak ketahap dunia kerja dan agar dapat memperoleh penghidupan yang layak dengan kemampuan bakat yang mereka miliki dimasa mendatang. Kata kunci: Pekerja Anak, Pemulung, Keterampilan, Waldorf Pedagogy

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 02 Jan 2024 12:27
Last Modified: 02 Jan 2024 12:27
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/42533

Actions (login required)

View Item View Item