Agnios, Jordan (2023) Perancangan prototipe sekolah anti-perundungan di Jakarta Timur. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
315190082_JORDAN_Cover.pdf Download (159kB) |
|
Text
315190082_JORDAN_Pengesahan.pdf Download (202kB) |
|
Text
315190082_JORDAN_Abstrak.pdf Download (211kB) |
|
Text
315190082_JORDAN_Daftar Isi.pdf Download (186kB) |
|
Text
315190082_JORDAN_Bab 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (707kB) |
|
Text
315190082_JORDAN_Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (699kB) |
|
Text
315190082_JORDAN_Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
|
Text
315190082_JORDAN_Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
315190082_JORDAN_Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
315190082_JORDAN_Daftar Pustaka.pdf Download (203kB) |
Abstract
Kasus perundungan terbanyak terjadi pada sekolah di tingkat SD (Sekolah Dasar). Hal ini terjadi karena sebagian besar waktu anak dihabiskan di sekolah. Perundungan merupakan masalah serius yang dapat mengganggu proses pembelajaran, mengurangi kesejahteraan siswa, dan memberikan dampak jangka panjang terhadap perkembangan mental dan emosional mereka. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya preventif untuk menciptakan lingkungan sekolah yang positif dan mendukung, serta menerapkan pendekatan anti-perundungan yang efektif. Dari segi arsitektur, ruang negatif dapat mempengaruhi perilaku negatif dari penghuninya. Beberapa titik lokasi yang menjadi sorotan adalah tangga, toilet, koridor, kantin, dan ruang kelas. Data-data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh melalui wawancara dengan ahli psikologi, literatur, dan studi kasus. Data tersebut digunakan untuk merancang prototipe ruang sekolah yang dapat membantu mencegah kasus perundungan. Metode yang akan dipakai adalah dengan menggunakan pendekatan arsitektur empati, perilaku, dan psikologi. Ketiga pendekatan desain ini dipakai bertujuan untuk menciptakan suatu lingkungan sekolah yang menghindari terciptanya ruang negatif sehingga perilaku perundungan dapat dikontrol secara arsitektural serta lingkungan yang diciptakan terasa aman sekaligus menyenangkan bagi anak-anak. Lingkungan sekolah dasar dirancang sehingga memperhatikan interaksi sosial antar siswa, menghilangkan ruang-ruang negatif, dan seluruh ruangan mendapatkan pengawasan pasif. Prototipe ini menyediakan ruang untuk program pendidikan yang berfokus pada pencegahan perundungan dan memupuk rasa empati dan pengertian di antara siswa. Prototipe ini juga akan menyediakan fasilitas dan ruang untuk melibatkan orang tua dalam kehidupan sekolah, termasuk program partisipasi dalam kegiatan sekolah. Keterlibatan orang tua akan memperkuat dukungan sosial bagi siswa dan menciptakan kemitraan dalam mencegah perundungan. Kata kunci: Arsitektur Empati; Arsitektur Perilaku; Elemen Prototipe; Psikologi Arsitektur; Ruang Anti-Perundungan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur |
Depositing User: | TDI Family perpus |
Date Deposited: | 03 Jan 2024 07:28 |
Last Modified: | 03 Jan 2024 07:28 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/42545 |
Actions (login required)
View Item |