Dharmawan, William Susanto (2023) Aplikasi augmented reality pengenalan hardware komputer di SMK Cahaya Sakti. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
825180052_WILLIAM_Cover.pdf Download (27kB) |
|
Text
825180052_WILLIAM_Pengesahan.pdf Download (106kB) |
|
Text
825180052_WILLIAM_Daftar Isi.pdf Download (28kB) |
|
Text
825180052_WILLIAM_Abtrak.pdf Download (29kB) |
|
Text
825180052_WILLIAM_Bab 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
|
Text
825180052_WILLIAM_Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
|
Text
825180052_WILLIAM_Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
|
Text
825180052_WILLIAM_Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
|
Text
825180052_WILLIAM_Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
|
Text
825180052_WILLIAM_Daftar Pustaka.pdf Download (91kB) |
Abstract
Teknologi Augmented reality atau AR merupakan teknologi yang menggabungkan benda dua dimensi atau tiga dimensi dalam lingkungan nyata tiga dimensi dan kemudian menghasilkan benda-benda maya tersebut secara real time. Tidak seperti virttual reality yang sepenuhnya menggantikan realitas, AR hanya menambah atau melengkapi realitas. Teknologi ini harus memfasilitasi interaksi pengguna dengan komputer. Saat ini Augmented reality sudah banyak diterapkan di banyak bidang, dan salah satunya bidang pendidikan. Dalam dunia pendidikan, Augmented Reality bisa digunakan sebagai sarana pembelajaran. Sebagai contoh aplikasi yang akan dibuat peneliti adalah alat untuk mengenalkan perangkat keras komputer kepada murid SMK. Hal ini dimaksudkan supaya dapat menarik minat murid dalam belajar dan dapat membantu murid lebih mengerti pelajaran yang dijelaskan oleh guru. Aplikasi ini dibuat khusus untuk murid SMK Cahaya Sakti, khususnya di jurusan teknik jaringan komputer, rekayasa perangkat lunak, dan multimedia. Aplikasi AR pengertian hardware komputer ini dibuat dengan memakai software Unity, vuforia, Adobe Photoshop, dan untuk membuat animasi 3D memakai Blender dan Autodesk, dengan menggunakan metode perubahan geometrik. Untuk menampilkan hardware komputer 3D pada handphone, diperlukan sebuah penanda atau marker. Proses pengujian aplikasi tersebut terdiri dari dua tahap yaitu pengujian sistem dan pengujian lapangan. Pengujian aplikasi dilakukan pada berbagai handphone untuk menentukan spesifikasi handphone mana yang mendukung penggunaan aplikasi ini. Pengujian yang dilakukan adalah pengujian aplikasi langsung ke murid. Kata kunci : Augmented Reality, Virtual 3D
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik |
Divisions: | Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi |
Depositing User: | TDI Family perpus |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 05:45 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 05:45 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/42588 |
Actions (login required)
View Item |