Analisis sentimen pada opini kenaikan harga bahan bakar minyak pada media sosial Twitter

Hutagalung, Windah Maria Sonia Nadiah (2023) Analisis sentimen pada opini kenaikan harga bahan bakar minyak pada media sosial Twitter. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
825180075_WINDAH_Cover.pdf

Download (90kB)
[img] Text
825180075_WINDAH_Pengesahan.pdf

Download (344kB)
[img] Text
825180075_WINDAH_Daftar Isi.pdf

Download (149kB)
[img] Text
825180075_WINDAH_Abstrak.pdf

Download (137kB)
[img] Text
825180075_WINDAH_Bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] Text
825180075_WINDAH_Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img] Text
825180075_WINDAH_Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
825180075_WINDAH_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
825180075_WINDAH_bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text
825180075_WINDAH_Daftar Pustaka.pdf

Download (167kB)

Abstract

Bahan bakar minyak (BBM) adalah salah satu kebutuhan primer yang dibutuhkan oleh masyarakat di Indonesia dikarenakan memiliki peran penting dalam membantu seluruh aktivitas kehidupan masyarakat di Indonesia seperti untuk bahan bakar kendaraan bermotor maupun sebagai pemenuhan bahan bakar alat industri. Pada awal September 2022, pemerintah Indonesia mengeluarkan pernyataan bahwa akan ada penyesuaian harga pada beberapa jenis bahan bakar minyak yaitu pertalite, pertamax, dan solar. Kenaikan harga bahan bakar minyak ini tentu saja tidak mendapatkan respon yang baik oleh masyarakat di Indonesia sehingga terjadi aksi unjuk rasa penolakan secara langsung, dan tidak sedikit masyarakat Indonesia yang menyuarakan opini melalui media sosial, salah satunya adalah media sosial Twitter. Melalui media sosial Twitter dan dengan topik kenaikan harga bahan bakar minyak ini akan dilakukan sebuah penelitian analisis sentimen. Pengguna Twitter akan menyuarakan opininya melalui tweet, yang nantinya tweet ini akan diklasifikasikan menjadi sentimen positif, netral, atau negatif. Hasil dari klasifikasi ini akan diketahui bagaimana pendapat pengguna Twitter di Indonesia dalam menyikapi kenaikan harga bahan bakar minyak. Proses klasifikasi ini menggunakan algoritma Naïve Bayes. Hasil dari penelitan ini menunjukkan bahwa 78,13% tweet bersifat negatif dan 21,87% tweet bersifat positif dengan kata kunci “harga” dan “bbm” yang paling sering muncul. Keywords : Kenaikan BBM, Twitter , Analisis Sentimen, Algoritma Naïve Bayes, Harga BBM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 05 Jan 2024 08:47
Last Modified: 05 Jan 2024 08:47
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/42593

Actions (login required)

View Item View Item