Hutagalung, Windah Maria Sonia Nadiah (2023) Analisis sentimen pada opini kenaikan harga bahan bakar minyak pada media sosial Twitter. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
825180075_WINDAH_Cover.pdf Download (90kB) |
|
Text
825180075_WINDAH_Pengesahan.pdf Download (344kB) |
|
Text
825180075_WINDAH_Daftar Isi.pdf Download (149kB) |
|
Text
825180075_WINDAH_Abstrak.pdf Download (137kB) |
|
Text
825180075_WINDAH_Bab 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
|
Text
825180075_WINDAH_Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) |
|
Text
825180075_WINDAH_Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
825180075_WINDAH_Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
825180075_WINDAH_bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
|
Text
825180075_WINDAH_Daftar Pustaka.pdf Download (167kB) |
Abstract
Bahan bakar minyak (BBM) adalah salah satu kebutuhan primer yang dibutuhkan oleh masyarakat di Indonesia dikarenakan memiliki peran penting dalam membantu seluruh aktivitas kehidupan masyarakat di Indonesia seperti untuk bahan bakar kendaraan bermotor maupun sebagai pemenuhan bahan bakar alat industri. Pada awal September 2022, pemerintah Indonesia mengeluarkan pernyataan bahwa akan ada penyesuaian harga pada beberapa jenis bahan bakar minyak yaitu pertalite, pertamax, dan solar. Kenaikan harga bahan bakar minyak ini tentu saja tidak mendapatkan respon yang baik oleh masyarakat di Indonesia sehingga terjadi aksi unjuk rasa penolakan secara langsung, dan tidak sedikit masyarakat Indonesia yang menyuarakan opini melalui media sosial, salah satunya adalah media sosial Twitter. Melalui media sosial Twitter dan dengan topik kenaikan harga bahan bakar minyak ini akan dilakukan sebuah penelitian analisis sentimen. Pengguna Twitter akan menyuarakan opininya melalui tweet, yang nantinya tweet ini akan diklasifikasikan menjadi sentimen positif, netral, atau negatif. Hasil dari klasifikasi ini akan diketahui bagaimana pendapat pengguna Twitter di Indonesia dalam menyikapi kenaikan harga bahan bakar minyak. Proses klasifikasi ini menggunakan algoritma Naïve Bayes. Hasil dari penelitan ini menunjukkan bahwa 78,13% tweet bersifat negatif dan 21,87% tweet bersifat positif dengan kata kunci “harga” dan “bbm” yang paling sering muncul. Keywords : Kenaikan BBM, Twitter , Analisis Sentimen, Algoritma Naïve Bayes, Harga BBM.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknologi Informasi |
Divisions: | Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi |
Depositing User: | TDI Family perpus |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 08:47 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 08:47 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/42593 |
Actions (login required)
View Item |