Upaya Badan Pertanahan Nasional Sebagai Pelaksana Administrasi dari Putusan Pengadilan yang Sudah Berkekuatan Hukum

Cardova, Erico and Djaja, Benny (2023) Upaya Badan Pertanahan Nasional Sebagai Pelaksana Administrasi dari Putusan Pengadilan yang Sudah Berkekuatan Hukum. Unes Law Review, 6 (2).

[img] Text
(NOMOR 13) Upaya Badan Pertanahan Nasional Sebagai Pelaksana Administrasi dari Putusan Pengadilan yang Sudah Berkekuatan Hukum.pdf

Download (343kB)

Abstract

Sebagai negara hukum, Indonesia mengatur hubungan antara pemerintah dan warga negara melalui Hukum Administrasi Negara, yang memastikan efektifitas, legitimasi, dan legalitas administrasi negara. Badan Pertanahan Nasional, dibentuk untuk mengawasi dan membina administrasi pertanahan, memainkan peran kunci dalam menerapkan Undang- Undang Pokok Agraria dan mengelola pendaftaran tanah sesuai dengan regulasi yang berlaku. Studi literatur menunjukkan bahwa Badan Pertanahan Nasional bertanggung jawab dalam memberikan kepastian hukum dan perlindungan hak, khususnya terkait tanah dan kepemilikan. Tanggung jawab ini mencakup pengelolaan data, penanganan perselisihan, dan memastikan kepatuhan terhadap hukum dalam pengadilan. Kesimpulan ini menekankan pentingnya peran Badan Pertanahan Nasional dalam menegakkan hukum dan perlindungan hak pemegang tanah.

Item Type: Article
Subjects: Artikel
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fh perpus
Date Deposited: 19 Feb 2024 03:29
Last Modified: 19 Feb 2024 03:29
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/42883

Actions (login required)

View Item View Item