FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING SAHAM SAAT INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) PADA PERUSAHAAN SEKTOR BARANG KONSUMEN NON PRIMER

DEVI, GRACE (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING SAHAM SAAT INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) PADA PERUSAHAAN SEKTOR BARANG KONSUMEN NON PRIMER. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Grace Devi 125190212 JA.pdf

Download (927kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara empiris faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat underpricing yang terjadi pada perusahaan sektor barang konsumen non primer yang melaksanakan penawaran saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2021. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 38 data sampel yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Variabel independen penelitian terdiri dari reputasi underwriter, firm size, board size dan profitabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variablel reputasi underwriter memiliki arah hubungan negatif dan berpengaruh signifikan terhadap tingkat underpricing. Variabel firm size dan board size memiliki arah hubungan positif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat underpricing, sementara variabel profitabilitas memiliki arah hubungan negatif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat underpricing. Kata Kunci: Underpricing, Reputasi Underwriter, Firm Size, Board Size, Profitabilitas This study aims to analyze empirically the factors that influence the level of underpricing that occurs in consumer cyclical sector companies carrying out an Initial Public Offering (IPO) on the Indonesia Stock Exchange (IDX) for the 2018-2021 period. The samples used in this study were 38 sample data selected using purposive sampling method. The independent research variables consist of underwriter’s reputation, firm size, board size and profitability. The results of this study indicate that the underwriter's reputation variable has a negative and significant effect on the level of underpricing. Firm size and board size variables have a positive relationship and have no significant effect on the level of underpricing, while the profitability variable has a negative relationship and have no significant effect on the level of underpricing. Keywords: Underpricing, Underwriter’s Reputation, Firm Size, Board Size, Profitability

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 04 Mar 2024 03:41
Last Modified: 04 Mar 2024 03:41
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/43111

Actions (login required)

View Item View Item