PENGARUH PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI 2019 - 2021

HALDA, MEILINA (2022) PENGARUH PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI 2019 - 2021. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Meilina Halda 125190165 JA.pdf

Download (620kB)

Abstract

Company value has an important role in the development of a company's business. The value of the company can reflect the financial condition of the company, where the company will compete in increasing or maintaining the value of the company. The company's efforts to increase the value of the company can be done by analyzing the factors that influence the value of the company. This research was conducted with the aim to determine the influence of the factors that influence the value of the company, namely, company growth, profitability, and capital structure. The sample in this study was selected by purposive sampling technique with valid data, namely 64 companies in the primary consumer sector. Data processing in this study uses multiple regression analysis with the Eviews 12 and Microsoft Excel 2013 programs. The results of this study indicate that only capital structure has a significant influence on firm value. Meanwhile, this study has not shown that company growth and profitability have a significant effect on firm value. Keywords: Company growth, Profitability, Capital Structure, Firm value. Abstrak: Nilai perusahaan memiliki peran penting dalam pengembangan usaha suatu perusahaan. Nilai perusahaan dapat mencerminkan kondisi keuangan perusahaan tersebut, dimana perusahaan akan bersaing dalam meningkatkan atau mempertahankan nilai perusahaannya. Upaya perusahaan dalam meningkatkan nilai perusahaan dapat dilakukan dengan menganalisa faktor – faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dari faktor – faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan yaitu, pertumbuhan perusahaan, profitabilitas, dan struktur modal. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan teknik purposive sampling dengan data valid yaitu sebanyak 64 perusahaan sektor konsumen primer. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan program Eviews 12 dan Microsoft Excel 2013. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hanya struktur modal yang memiliki pengaruh signfikan terhadap nilai perusahaan. Sementara itu, dalam penelitian ini belum menunjukkan bahwa pertumbuhan perusahaan dan profitabilitas memiliki pengaruh yang signfikan terhadap nilai perusahaan. Kata kunci: Pertumbuhan Perusahaan, Profitabilitas, Struktur Modal, Nilai Perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 06 Mar 2024 03:21
Last Modified: 06 Mar 2024 03:21
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/43155

Actions (login required)

View Item View Item