FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPLEMENTASI MOBILE BANKING

RACHMAWATI, PATRICIA (2022) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPLEMENTASI MOBILE BANKING. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
PATRICIA RACHMAWATI 125190244 ja.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pengadopsian mobile banking. Subyek pada penelitian ini adalah individu yang sudah berumur 20 tahun dan pernah menggunakan mobile banking. Data diperoleh dengan melakukan penyebaran kuesioner di sosial media dalam bentuk google form. Data yang dipakai pada penelitian ini adalah data dari 107 responden yang valid. Pengolahan data dilakukan dengan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perceived ease of use berpengaruh secara tidak signifikan terhadap attitude, perceived usefulness berpengaruh secara signifikan terhadap attitude, attitude berpengaruh secara signifikan terhadap adoption, perceived ease of use berpengaruh secara tidak signifikan terhadap adoption dimediasi oleh attitude, dan perceived usefulness berpengaruh secara signifikan terhadap adoption dimediasi oleh attitude. Implikasi pada penelitian ini adalah perlunya perbankan dalam meningkatkan kemudahan dan kegunaan dalam layanan mobile banking. Kata kunci: Perceived ease of use, perceived usefulness, adoption, attitude, mobile banking ABSTRACT This study aims to determine the factors that influence the adoption of mobile banking. The subjects in this study were individuals who were 20 years old and had used mobile banking. Data was obtained by distributing questionnaires on social media in the form of a google form. The data used in this study is data from 107 valid respondents. Data processing is done with SmartPLS 3.0 software. The results of this study indicate that perceived ease of use has no significant effect on attitude, perceived usefulness has a significant effect on attitude, attitude has a significant effect on adoption, perceived ease of use has no significant effect on adoption, mediated by attitude, and perceived usefulness has a significant effect toward adoption is mediated by attitude. The implication of this research is the need for banking to improve the convenience and usability of mobile banking services. Keywords: Perceived ease of use, perceived usefulness, adoption, attitude, mobile banking

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 06 Mar 2024 07:51
Last Modified: 06 Mar 2024 07:51
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/43173

Actions (login required)

View Item View Item