PENGARUH PROFITABILITY, LEVERAGE, LIQUIDITY, ACTIVITY, DAN INVESTMENT OPPORTUNITY SET TERHADAP FIRM VALUE DENGAN FIRM SIZE SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN SEKTOR CONSUMER CYCLICAL YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2017-2021

RUSTANTON, RENARD (2023) PENGARUH PROFITABILITY, LEVERAGE, LIQUIDITY, ACTIVITY, DAN INVESTMENT OPPORTUNITY SET TERHADAP FIRM VALUE DENGAN FIRM SIZE SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN SEKTOR CONSUMER CYCLICAL YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2017-2021. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Renard Rustanton 125190184 JA.pdf

Download (869kB)

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh dari profitability, leverage, liquidity, activity dan investment opportunity set terhadap firm value, dengan firm size sebagai variabel moderasi pada perusahaan consumer cyclical yang telah terdaftar pada Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2021. Dalam penelitian ini digunakan purposive sampling method, dan terdapat 56 perusahaan yang terkumpul sebagai sampel penelitian ini. Metode analisis dalam penelitian ini didasari oleh analisis regresi berganda dan analisis regresi moderasi yang diproses menggunakan program EViews 13. Berdasarkan hasil penelitian, variabel leverage dan firm size memiliki dampak negatif dan signifikan terhadap firm value. Investment opportunity set secara parsial memiliki dampak positif dan signifikan terhadap firm value. Profitability, liquidity, dan activity secara parsial tidak memiliki dampak signifikan terhadap firm value. Sementara itu, firm size dapat memoderasi dampak profitability, leverage, dan activity terhadap firm value. Implikasi dari penelitian ini adalah sebuah perusahaan harus menjadi aktif dan mampu menghasilkan pilihan yang tepat karena dengan tingkat peluang yang tinggi dan pemilihan keputusan yang baik, para investor akan menjadi lebih tertarik untuk melakukan investasi terhadap perusahaan tersebut dan akan menyebabkan meningkatnya firm value. Kata Kunci: Financial Performance, Investment, Size, Firm Value, Consumer Cyclical ABSTRACT The main purpose of this research is to analyze the effect of profitability, leverage, liquidity, activity and investment opportunity set on the firm value, with firm size as moderating variable on consumer cyclical companies listed on Indonesian Stock Exchange in the period of 2017-2021. This research uses purposive sampling method, and there were 56 companies obtained as samples for this research. The analysis methods in this research are based on multiple regression analysis and moderated regression analysis which are processed using EViews 13 software. Based on the results of this research, the variable leverage and firm size partially had negative and significant effect on firm value. Investment opportunity set partially had a positive and significant effect on thefirm value. Profitability, liquidity, and activity partially had no significant effect on firm value. Meanwhile, firm size was able to moderate the effect ofprofitability, leverage, and activity on the firm value. The implication of this research is that a company has to be active and able to make the right decision because with a high opportunity rate and good decision making, the investors will be more interested in investing on the company which will result in the increase offirm value. Keywords: Financial Performance, Investment, Size, Firm Value, Consumer Cyclical

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 06 Mar 2024 08:16
Last Modified: 06 Mar 2024 08:16
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/43181

Actions (login required)

View Item View Item