PENGARUH PROFITABILITY, LEVERAGE, LIQUIDITY, ACTIVITY, DAN CASH HOLDING TERHADAP FIRM VALUE DENGAN FIRM SIZE SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA SEKTOR CONSUMER CYCLICAL YANG TERDAFTAR DI INDONESIA STOCK EXCHANGE PERIODE 2017-2021

SULISTIO, SHANIA (2022) PENGARUH PROFITABILITY, LEVERAGE, LIQUIDITY, ACTIVITY, DAN CASH HOLDING TERHADAP FIRM VALUE DENGAN FIRM SIZE SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA SEKTOR CONSUMER CYCLICAL YANG TERDAFTAR DI INDONESIA STOCK EXCHANGE PERIODE 2017-2021. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
SHANIA SULISTIO 125190141 ja.pdf

Download (964kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu serta menganalisis bagaimana pengaruh profitability, leverage, liquidity, activity, dan cash holding terhadap firm value dengan firm size sebagai variabel moderasi pada sektor consumer cyclical yang terdaftar di Indonesia Stock Exchange selama tahun 2017-2021. Purposive sampling method merupakan metode yang digunakan dalam pemilihan sampel dan data yang valid yang dapat digunakan dalam penilitian ini adalah 60 perusahaan. Teknik yang dilakukan dalam mengolah data adalah dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda dan analisis regresi moderasi yang dibantu dengan menggunakan program Eviews versi 13. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa profitability, liquidity, dan firm size tidak berpengaruh terhadap firm value. Sedangkan leverage, activity, dan cash holding berpengaruh terhadap firm value. Firm size tidak dapat memoderasi pengaruhnya terhadap firm value. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya peningkatan kualitas manajemen dalam perusahaan yang dapat meningkatkan firm value sehingga dapat memberikan sinyal positif bagi investor. Kata kunci : Firm Value, Consumer Cyclical, Market Share, Financial Ratio, Size ABSTRACT This study aims to find out how profitability, leverage, liquidity, activity, and cash holding affect firm value with firm size as the moderating variable in the consumer cyclical sector which are recorded on the Indonesia Stock Exchange during 20172021. The sample was collected using a method called purposive sampling and the validated data was 60 companies. The technique used to process the data uses multiple regression analysis and moderated regression analysis aided by the Eviews version 13 program. The results of this study show that profitability, liquidity, and firm size do not affect firm value. Meanwhile, leverage, activity, and cash holding affect firm value. Firm size can not moderate its effect on firm value. The implication of this research is the need to improve the quality of management in the company which can increment firm value, so that it can provide positive signs for investors. Keywords : Firm Value, Consumer Cyclical, Market Share, Financial Ratio, Size

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 06 Mar 2024 09:25
Last Modified: 06 Mar 2024 09:25
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/43196

Actions (login required)

View Item View Item