WULANDARI, DHEA ASIH (2021) Gambaran Self-Efficacy Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Tahap Akademik Pada Metode Pembelajaran Jarak Jauh. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
![]() |
Text
WULANDARI, DHEA ASIH 405180061.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Self-efficacy adalah hasil dari proses kognitif berupa keyakinan individu yang dapat menilai kemampuan diri dalam mengerjakan tugas tertentu untuk mencapai hasil yang diinginkan. Online learning self efficacy (OLSE) adalah persepsi atas kemampuan diri sendiri untuk belajar dan berhasil dalam lingkungan pembelajaran jarak jauh. Self efficacy merupakan aspek penting yang berdampak pada proses pembelajaran mahasiswa dan performa akademiknya sehingga mampu menjalankan tanggungjawab demi mendapatkan performa akademik yang baik. Self-efficacy dapat dipengaruhi oleh metode pembelajaran yang digunakan, seperti metode pembelajaran jarak jauh. Sepanjang pengetahuan peniliti, belum ditemukan penelitian serupa pada mahasiswa kedokteran di Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran self-efficacy mahasiswa Fakultas Kedokteran tahap akademik pada metode pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini merupakan studi deskriptif dengan desain potong lintang yang dilakukan pada 130 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara (FK Untar). Data diperoleh menggunakan kuesioner Online Learning Self-Efficacy Scale (OLSES) yang memiliki tiga aspek yaitu aspek pembelajaran, aspek manajemen waktu dan aspek pengunaan teknologi yang dikembangkan oleh W.A. Zimmerman dan J.M. Kulikowich dan telah diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia oleh peneliti dengan nilai Cronbach’s Alpha 0.910. Hasil penelitian ini menunjukkan rerata OLSE mahasiswa FK Untar tahap akademik sebesar 94,78(12,40). Rerata OLSE pada aspek pembelajaran sebesar 43,21(5,71), median OLSE pada aspek manajemen waktu yaitu 24(13;30) dan median OLSE pada aspek penggunaan teknologi yaitu 27,79(13;30). Selain itu, beberapa faktor berpotensi memengaruhi OLSE seperti performa akademik, persuasi verbal, jenis kelamin dan usia. Kesimpulan dari hasil temuan penelitian ini adalah Keyakinan diri mahasiswa pada aspek manajemen waktu paling rendah dibandingkan dengan aspek pembelajaran dan aspek penggunaan teknologi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Widjaja, Yoanita |
Uncontrolled Keywords: | self efficacy, online learning self efficacy, pembelajaran jarak jauh, tahap akademik, mahasiswa kedokteran |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kedokteran |
Depositing User: | FK Perpus |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 00:41 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 00:41 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/43351 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |