Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Tahap Akademik

WILSON, JOSEPH (2023) Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Tahap Akademik. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
WILSON, JOSEPH 405190231.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB)

Abstract

Pada akhir tahun 2019, dunia dihadapkan oleh sebuah virus SARS CoV-2 atau lebih dikenal dengan COVID-19 dan sangat menular dengan cepat hingga menimbulkan pandemi dalam waktu yang relatif singkat. Hal tersebut berdampak pada sistem pendidikan di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Pemerintah mengeluarkan surat edaran no 4 tahun 2020 yang mengharuskan sekolah untuk menetapkan sistem Pembelajaran daring sebagai langkah untuk mencegah penyebaran virus COVID-19. Penetapan sistem pembelajaran daring yang baru saja dikembangkan oleh sebagian besar sekolah menjadi tantangan tersendiri agar tetap memberikan pelayanan dan kualitas yang baik dalam proses pembelajaran. Perubahan sistem dari yang semula tatap muka menjadi sistem pembelajaran j daring tentunya menyebabkan semua pihak yang terlibat baik dari staf pengajar hingga murid untuk melakukan modifikasi dan penyesuaian terhadap cara penyampaian materi dan cara belajar, dan merasakan pengalaman yang sebelumnya tidak pernah dirasakan. Penelitian terkait persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran jarak jauh masih sedikit dilakukan terutama di Indonesia. Berdasarkan sistem baru dilakukan, peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa tahap akademik terhadap penerapan metode pembelajaran jarak jauh di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara yang baru saja dilakukan di masa pandemi COVID-19 sejak awal 2020. Dengan jumlah sampel sebanyak 91 responden, pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner melalui g-form, dengan menggunakan skala Likert 3 poin. Berdasarkan hasil data, didapatkan bahwa persepsi mahasiswa cenderung sedang terhadap sistem, kesiapan dan tantangan yang dirasakan dalam pembelajaran jarak jauh yang diterapkan, sehingga disarankan agar seluruh responden untuk merefleksikan diri dan meningkatkan kesiapan diri dan institusi untuk tetap meningkatkan kualitas dan kesiapan sistem pembelajaran jarak jauh agar lebih baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Widjaja, Yoanita
Uncontrolled Keywords: pembelajaran jarak jauh, COVID-19
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 16 Jan 2025 01:29
Last Modified: 16 Jan 2025 01:29
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/43361

Actions (login required)

View Item View Item