Gambaran Life Satisfaction Lesbian Dewasa Muda yang Telah melakukan Coming Out

Supardi, Evelyne Jonett (2024) Gambaran Life Satisfaction Lesbian Dewasa Muda yang Telah melakukan Coming Out. Skripsi thesis, Fakultas Psikologi.

[img] Text
File 1. Pembuka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Menurut Martin dan Lyon (Crooks, 1983) lesbian adalah penyebutan untuk perempuan yang memiliki minat secara seksual maupun romantis pada perempuan lainnya, walau kadang tidak ditunjukan secara terus terang. Coming out adalah proses di mana individu mengungkapkan identitas gender maupun orientasi seksual kepada orang lain (Oktaviana et al., 2020). Hurlock (1980) menyatakan bahwa life satisfaction adalah tingkat kegembiraan individu atas hal- hal yang dialami. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran life satisfaction terhadap lesbian dewasa muda yang telah coming out. Metode penelitian ini kualitatif dengan proses pengambilan data wawancara dan observasi. Dalam penelitian ini terdapat empat partisipan, yaitu partisipan A, S, G dan Y. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keempat subjek memiliki life satisfaction yang berbeda. Tiga partisipan (partisipan A, S dan Y) memiliki keinginan untuk mengubah hidup (desire to change life) sedangkan partisipan G tidak. Semua partisipan puas dengan kehidupannya saat ini (satisfaction with current life). Tiga partisipan (partisipan A, S dan Y) tidak puas dengan masa lalunya (satisfaction with past) sedangkan partisipan G puas. Semua partisipan merasa optimis terhadap masa depan mereka (satisfaction with future). Terakhir, pandangan orang-orang (significant others’ views of one’s life) terhadap semua partisipan cukup berbeda-beda dan partisipan pun tidak keberatan terhadap pandangan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 02 Apr 2024 04:09
Last Modified: 02 Apr 2024 04:09
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/43394

Actions (login required)

View Item View Item