Peran Prokrastinasi Akademik terhadap Problematic Internet Use (PIU) Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Mahasiswa Di Masa Pandemi COVID-19

PURNAMARIANTY, MEITHA DHEEVA (2024) Peran Prokrastinasi Akademik terhadap Problematic Internet Use (PIU) Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Mahasiswa Di Masa Pandemi COVID-19. Skripsi thesis, Fakultas Psikologi.

[img] Text
File 1. Pembuka.pdf

Download (832kB)

Abstract

Kondisi pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran daring yang sulit diprediksi dan cenderung bebas, memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan perilaku penggunaan internet yang bermasalah sebagai hasil dari penundaan tugas akademik yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran prokrastinasi akademik terhadap problematic internet use selama pembelajaran jarak jauh pada mahasiswa di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non-eksperimental yang melibatkan 386 mahasiswa berusia 18 – 25 tahun, dari perguruan tinggi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, yang menjalani pembelajaran jarak jauh di masa pandemi COVID-19. Alat ukur yang digunakan adalah Generalized Problematic Internet Use Scale 2 (GPIUS 2) dan Procrastination Assessment Scale for Student (PASS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa prokrastinasi akademik memiliki peran positif dan signifikan terhadap problematic internet use selama pembelajaran jarak jauh pada mahasiswa di masa pandemi COVID-19. Hasil ini dapat dijadikan pertimbangan oleh mahasiswa dalam mengelola pengerjaan tugas akademik dan waktu yang mereka habiskan untuk mengakses internet selama pembelajaran jarak jauh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 02 Apr 2024 04:42
Last Modified: 02 Apr 2024 04:42
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/43395

Actions (login required)

View Item View Item