Hubungan Self Efficacy (Efikasi Diri) Terhadap Hasil Kelulusan Ujian Blok Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara

LEANY, TIARA (2020) Hubungan Self Efficacy (Efikasi Diri) Terhadap Hasil Kelulusan Ujian Blok Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Efikasi diri adalah kepercayaan individu terhadap kemampuannya dalam mengatasi masalah. Kepercayaan ini dapat memengaruhi bagaimana suatu individu berpikir, memotivasi diri, dan berperilaku. Faktor ini akan memengaruhi individu dalam menguasai kemampuan untuk meningkatkan kualitas diri. Individu yang memiliki kualitas tinggi mampu melihat pekerjaan yang sulit sebagai tantangan yang harus dihadapi bukan dihindari, mampu mempersiapkan dirinya untuk menghadapi suatu kegagalan, dan dapat menghadapi pekerjaan yang harus dilakukan sehingga individu tersebut akan mampu mencapai tujuan yang direncanakan. Sebaliknya, individu dengan kepercayaan yang rendah cenderung meragukan diri sendiri atas kemampuan dalam menghadapi kondisi atau pekerjaan yang sulit. Penelitian ini menggunakan studi analitik observasional dengan metode cross sectional yang melibatkan 140 responden mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Angkatan 2018. Efikasi diri dinilai menggunakan instrumen kuesioner General Self-Efficacy Scale (GSE). Dari keseluruhan responden didapatkan sebanyak 75 mahasiswa (54,7 %) yang lulus blok dengan efikasi diri tinggi, 62 (45,2 %) mahasiswa lulus blok dengan efikasi diri rendah, 1 (33,3 %) mahasiswa gagal blok dengan efikasi diri tinggi dan 2 mahasiswa (66,6 %) gagal blok dengan efikasi diri rendah. Berdasarkan hasil penghitungan Pearson Chi-square P value 0,062 yang menyatakan bahwa tidak terdapat pengaruh efikasi diri terhadap hasil kelulusan ujian blok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ratnawati, Anastasia
Uncontrolled Keywords: efikasi diri, mahasiswa Kedokteran, GSE
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 13:17
Last Modified: 27 May 2024 13:17
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/43407

Actions (login required)

View Item View Item