PENGARUH ATTRACTIVENESS, TRUSTWORTHINESS DAN EXPERTISE SOCIAL MEDIA INFLUENCER TERHADAP PURCHASE INTENTION ECINOS MELALUI BRAND IMAGE

Cham, Adelia Angelina Benya (2023) PENGARUH ATTRACTIVENESS, TRUSTWORTHINESS DAN EXPERTISE SOCIAL MEDIA INFLUENCER TERHADAP PURCHASE INTENTION ECINOS MELALUI BRAND IMAGE. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Adelia Angelina Benya Cham - 115200235 JA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

(A) . ADELIA ANGELINA BENYA CHAM (115200235) (B) .THE INFLUENCE OF SOCIAL MEDIA INFLUENCER ATTRACTIVENESS, TRUSTWORTHINESS AND EXPERTISE ON ECINOS PURCHASE INTENTION THROUGH BRAND IMAGE (C) . XV + 138 Pages, 34 Tables, 10 Pictures, 19 Attatchment (D) . MARKETING MANAGEMENT (E) . Abstract: This research aimed to test the influence of attractiveness, trustworthiness, and expertise as the credibility of social media influencer and its impact on the purchase intention of Ecinos, with brand image as the mediating variable. Research on these variables was carried out because the market share of influencer marketing continued to increase quite rapidly from 2016 to 2023. The sample for this research was collected through a questionnaire distributed on online applications such as Instagram, Line, and Whatsapp, using both purposive samping and non-probability samping techniques. The collected sample comprised 238 valid respondents who met the criteria of being Ecinos consumers and following or having at least seen influencer marketing Ecinos products on social media, including Bella Clarissa @bellacrls_, Sashfir @sashfir_, Shavira Wangsamulia @shav_ira, Melle @mellexmicheline, Laura Siburian @laurasiburian, and Kezia Aletheia @keziaaletheia. The data obtained were then processed using Structural Equation Model (SEM) method via the SMART-PLS 4.0 application. The research result indicate that trustworthiness and expertise have positive and significant influence on purchase intention and brand image of Ecinos. In contrast, attractiveness has a positive and significant influencer on Ecinos brand image, but its impact on purchase intention is positive yes insignificant. Meanwhile, Ecinos brand image is found to positively and significantly mediate the influence of attractiveness, trustworthiness, and expertise on purchase intention. Keyword: Influencer Credibility, Influencer Marketing, Attractiveness, Trustworthiness, Expertise (F) . References (G) . Dr. Miharni Tjokrosaputro S.E., M.M ABSTRAK UNIVERSITAS TARUMANAGARA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS JAKARTA (A) . ADELIA ANGELINA BENYA CHAM (115200235) (B) . PENGARUH ATTRACTIVENESS, TRUSTWORTHINESS DAN EXPERTISE SOCIAL MEDIA INFLUENCER TERHADAP PURCHASE INTENTION ECINOS MELALUI BRAND IMAGE (C) . XV + 138 Halaman, 34 Tabel, 10 Gambar, 19 Lampiran (D) . MANAJEMEN PEMASARAN (E) . Abstrak: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk dapat menguji pengaruh dari attractiveness, trustworthiness, dan expertise sebagai kredibilitas dari seorang social media influencer terhadap purchase intention dari merek Ecinos dengan brand image sebagai variabel mediasinya. Penelitian atas variabel-variabel tersebut dilakukan karena adanya kenaikan pangsa pasar dari influencer marketing terus mengalami peningkatan yang cukup pesat dari tahun 2016-2023. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan kuesioner yang disebarkan pada aplikasi online seperti Instagram, Line dan Whatsapp, dengan teknik pemilihan purposive sampling dan teknik pengambilan non- probability sampling. Sampel yang dikumpulkan adalah sebanyak 238 responden valid dengan kriteria yang merupakan konsumen Ecinos yang mengikuti atau setidaknya pernah melihat influencer yang memasarkan produk Ecinos melalui sarana media sosial seperti Bella Clarissa @bellacrls_, Sashfir @sashfir_, Shavira Wangsamulia @shav_ira, Melle @mellexmicheline, Laura Siburian @laurasiburian, dan Kezia Aletheia @keziaaletheia. Dari perolehan data tersebut kemudian diolah dengan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) melalui aplikasi SMART-PLS 4.0. Hasil penelitian kemudian menunjukkan bahwa trustworthiness, dan expertise memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap purchase intention dan brand image dari Ecinos. Disisi lain, attractiveness memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap brand image Ecinos, namun memiliki pengaruh yang positif dan tidak signifikan terhadap terhadap purchase intention Ecinos. Sementara itu, brand image Ecinos mampu memediasi pengaruh antara attractiveness, trustworthiness dan expertise terhadap purchase intention Ecinos secara positif dan signifikan. Kata Kunci: Kredibilitas Influencer, Pemasaran Influencer, Attractiveness, Trustworthiness, Expertise (F) . Daftar Acuan (G) . Dr. Miharni Tjokrosaputro S.E., M.M

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 08 Aug 2024 02:25
Last Modified: 08 Aug 2024 02:25
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/43741

Actions (login required)

View Item View Item