PERAN SOCIAL INTERACTION SEBAGAI MEDIATOR ANTARA CONTENT MARKETING, LIVE STREAMING, DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN: STUDI PADA KONSUMEN GENERASI Z DALAM PLATFORM TOKOPEDIA LIVE DI JAKARTA

Suandi, Calista Devana (2023) PERAN SOCIAL INTERACTION SEBAGAI MEDIATOR ANTARA CONTENT MARKETING, LIVE STREAMING, DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN: STUDI PADA KONSUMEN GENERASI Z DALAM PLATFORM TOKOPEDIA LIVE DI JAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Calista Devana Suandi - 115200003 JA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRACT UNIVERSITAS TARUMANAGARA FACULTY OF ECONOMICS AND BUSINESS JAKARTA (A) CALISTA DEVANA SUANDI 11500003 (B) THE ROLE OF SOCIAL INTERACTION AS A MEDIATOR BETWEEN CONTENT MARKETING, LIVE STREAMING, AND ONLINE CUSTOMER REVIEWS ON PURCHASING DECISIONS: A STUDY OF GENERATION Z CONSUMERS ON THE LIVE TOKOPEDIA PLATFORM IN JAKARTA (C) XII (How many pages are there from Cover to Appendices?) + 112 Pages, 18 Tables,3 Pictures, 2 Attachments (D) MARKETING (E) Abstract: Social media has had an impact on consumer behavior starting from how to get information to behavior after making a purchase such as reviews of a product or service. The aim of this research is to empirically test the influence of content marketing, live streaming, online customer reviews and social interaction variables on purchasing decisions among generation Z consumers on the Tokopedia Live platform in Jakarta. The conclusion of this research is that the population used was all generation Z consumers on the Tokopedia Live platform in Jakarta, totaling 364 respondents. This research uses a non-probability sampling method with a purposive sampling technique as the sampling method, by distributing questionnaires online which are then processed using Smart PLS 4. Data is analyzed using quantitative methods. Hypothesis 1 states that there is a positive influence of content marketing on purchasing decisions with social interaction as a mediating variable. Hypothesis 2 states that there is a positive influence of live streaming on purchasing decisions with social interaction as a mediating variable. Hypothesis 3 states that there is a positive influence of online customer reviews on purchasing decisions with social interaction as a mediating variable. Hypothesis 4 states that there is a positive influence of content marketing on purchasing decisions. Hypothesis 5 states that there is a negative influence of live streaming on purchasing decisions. Hypothesis 6 states that there is a negative influence of online customer reviews on purchasing decisions, and Hypothesis 7 states that there is a negative influence of social interaction on purchasing decisions. (F) Keywords: Content Marketing, Live Streaming, Online Customer Review, Social Interaction, Purchasing Decision, Tokopedia Live (G) References 31 (2019 – 2023) (H) Arifin Djakasaputra, S.E., S.KOM., M.Si ABSTRAK UNIVERSITAS TARUMANAGARA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS JAKARTA (A) CALISTA DEVANA SUANDI 115200003 (B) PERAN SOCIAL INTERACTION SEBAGAI MEDIATOR ANTARA CONTENT MARKETING, LIVE STREAMING, DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN: STUDI PADA KONSUMEN GENERASI Z DALAM PLATFORM TOKOPEDIA LIVE DI JAKARTA (C) XII (Dari Cover s/d Daftar Lampiran ada berapa Halaman?) + 112 Halama, 18 Tabel, 3 Gambar, 2 Lampiran (D) PEMASARAN (E) Abstrak: Sosial media telah memberikan dampak terhadap perilaku konsumen yang dimulai dari cara mendapatkan informasi hingga perilaku setelah melakukan pembelian seperti ulasan terhadap suatu produk ataupun jasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh variabel content marketing, live streaming, online customer review, dan social interaction terhadap keputusan pembelian pada konsumen generasi Z dalam platform Tokopedia Live di Jakarta. Kesimpulan pada penelitian ini adalah Populasi yang digunakan adalah seluruh konsumen generasi Z pada platform Tokopedia Live di Jakarta sebanyak 364 responden. Penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling sebagai metode pengambilan sampelnya, dengan menyebarkan kuesioner secara online yang kemudian diolah menggunakan Smart PLS 4. Data dianalisis dengan menggunakan metode kuantitatif. Hipotesis 1 menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif content marketing terhadap keputusan pembelian dengan vi social interaction sebagai variabel mediasi. Hipotesis 2 menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif live streaming terhadap keputusan pembelian dengan social interaction sebagai variabel mediasi. Hipotesis 3 menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif online customer review terhadap keputusan pembelian dengan social interaction sebagai variabel mediasi. Hipotesis 4 menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif content marketing terhadap keputusan pembelian. Hipotesis 5 menyatakan bahwa terdapat pengaruh negatif live streaming terhadap keputusan pembelian. Hipotesis 6 menyatakan bahwa terdapat pengaruh negatif online customer review terhadap keputusan pembelian, dan Hipotesis 7 menyatakan bahwa terdapat pengaruh negatif social interaction terhadap keputusan pembelian. (F) Kata Kunci: Konten Pemasaran, Siaran Langsung, Online Customer Review, Interaksi Sosial, Keputusan Pembelian, Tokopedia Live (G) Daftar Acuan 31 (2019 – 2023) (H) Arifin Djakasaputra, S.E., S.KOM., M.Si.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 08 Aug 2024 07:40
Last Modified: 08 Aug 2024 07:40
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/43787

Actions (login required)

View Item View Item