FAKTOR – FAKTOR YANG MEMENGARUHI SIKAP PADA BELANJA ONLINE DI SHOPEE PADA GENERASI Z DI JAKARTA

Kalim, Gilberto (2023) FAKTOR – FAKTOR YANG MEMENGARUHI SIKAP PADA BELANJA ONLINE DI SHOPEE PADA GENERASI Z DI JAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Gilberto Kalim - 115200107 JA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRACT TARUMANAGARA UNIVERSITY FACULTY OF ECONOMY AND BUSINESS JAKARTA (A) GILBERTO KALIM (115200107) (B) FACTORS INFLUENCING ATTITUDES TOWARDS ONLINE SHOPPING ON SHOPEE AMONG GENERATION Z IN JAKARTA (C) XVI + 113 Pages, 21 Tables, 6 Pictures, 13 Attachments (D) MARKETING MANAGEMENT (E) Abstract: This research aims to empirically test the influence of relative advantage and E-WOM on trust and attitudes towards online shopping, and trust on attitudes toward online shopping. Then this research also aims to empirically test trust as a mediating variable of relative advantage and E- WOM on attitudes towards online shopping. Sample in this study were collected using a non-probability sampling technique and using a purposive sampling method and also distributed online via Google form. The total sample in this study was 174 respondents who were Generation Z Shopee consumers in Jakarta, had written reviews, and shopped at Shopee at least three times a month. The data that was collected was then processed using PLS-SEM with the help of SmartPLS version 3 software. The results of this research show that relative advantage and E-WOM have a positive and significant influence on trust. Likewise, relative advantage, E-WOM, and trust have a positive and significant influence on attitudes towards online shopping. In addition, trust mediates relative advantage and E-WOM on attitudes toward online shopping. (F) Keyword: Relative Advantage, E-WOM, Trust, Attitude Towards Online Shopping (G) Reference List: 62 (1991-2023) (H) Louis Utama S.E., M.M. ABSTRAK UNIVERSITAS TARUMANAGARA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS JAKARTA (A) GILBERTO KALIM (115200107) (B) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI SIKAP PADA BELANJA ONLINE DI SHOPEE PADA GENERASI Z DI JAKARTA (C) XVI + 113 Halaman, 21 Tabel, 6 Gambar, 13 Lampiran (D) MANAJEMEN PEMASARAN (E) Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh keuntungan relatif dan E-WOM terhadap kepercayaan dan sikap pada belanja online, serta kepercayaan terhadap sikap pada belanja online. Kemudian penelitian ini juga betujuan untuk menguji secara empiris kepercayaan sebagai mediasi variabel keuntungan relatif dan E-WOM terhadap sikap pada belanja online. Sampel pada penelitian ini dikumpulkan dengan teknik pemilihan sampel non-probability sampling dan menggunakan metode purposive sampling dan juga disebarkan secara online melalui google form. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 174 responden yang merupakan konsumen Shopee pada generasi Z di Jakarta, pernah menuliskan ulasan, dan berbelanja di Shopee minimal tiga kali dalam sebulan. Data yang berhasil dikumpulkan kemudian diolah dengan menggunakan PLS-SEM dengan bantuan software SmartPLS versi 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keuntungan relatif dan E-WOM memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepercayaan. Demikian juga keuntungan relatif, E-WOM, dan kepercayaan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap sikap pada belanja online. Selain itu, kepercayaan memediasi keuntungan relatif dan E-WOM terhadap sikap pada belanja online. (F) Kata Kunci: Keuntungan Relatif, E-WOM, Kepercayaan, Sikap pada Belanja Online (G) Daftar Pustaka: 62 (1991-2023) (H) Louis Utama S.E., M.M.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 19 Aug 2024 02:28
Last Modified: 19 Aug 2024 02:28
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/43918

Actions (login required)

View Item View Item