REPRESENTASI KEKERASAN DAN PELECEHAN SEKSUAL PADA PEREMPUAN DALAM FILM (Analisis Semiotika Kekerasan dan Pelecehan Seksual dalam Film Mereka Bilang, Saya Monyet!)

Ginting, Gita Latersya (2016) REPRESENTASI KEKERASAN DAN PELECEHAN SEKSUAL PADA PEREMPUAN DALAM FILM (Analisis Semiotika Kekerasan dan Pelecehan Seksual dalam Film Mereka Bilang, Saya Monyet!). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi.

Full text not available from this repository.
Official URL: Universitas Tarumanagara

Abstract

ABSTRAK (A) GITA LATERSYA GINTING (915110202) (B) REPRESENTASI KEKERASAN DAN PELECEHAN SEKSUAL PADA PEREMPUAN DALAM FILM (Analisis Semiotika Kekerasan dan Pelecehan Seksual dalam Film Mereka Bilang, Saya Monyet!) (C) xiii + 133 hlm, 2016, 32 gambar, 5 lampiran (D) JURNALISTIK Abstrak : Kekerasan dan pelecehan seksual pada perempuan merupakan suatu fenomena yang banyak diperbicangkan di media massa. Film pada dasarnya dapat dimanfaatkan untuk mengapresiasikan pencerminan nilai�nilai sosial suatu bangsa. Salah satu gambaran dari realitas yang berlaku ditengah masyarakat adalah kekerasan dan pelecehan seksual pada perempuan yang tercermin dalam film Mereka Bilang, Saya Monyet! karya Djenar Maesa Ayu. Film ini mengantarkan penonton tentang perlunya manusia ketahui baik itu perempuan maupun laki-laki, bahwa tidak selamanya perempuan dipandang sebagai perempuan yang lemah dan tidak berdaya, tetapi perempuan bisa melawan untuk menentukan jalan hidupnya dengan berani. Penelitian ini menggunakan metode analisis teks dan bahasa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori feminisme dan teori post�feminisme. Format desain dalam penelitian ini adalah kualitatif-verifikatif dengan pendekatan kualitatif dan teknik analisis semiotika yang dikemukakan oleh Roland Barthes. Kata Kunci: Representasi, Feminisme, Post-Feminisme, Perempuan, Kekerasan, Kekerasan Seksual, Pelecehan Seksual, Semiotika Roland Barthes. (E) Daftar Pustaka: 48 Buku; 2 Jurnal; 4 UUD, 12 Website. (F) Dr.(Can.) Riris Loisa, M.Si. (G) Kurniawan Hari Siswoko, S.I.P., M

Item Type: Thesis (Skripsi)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 02 Sep 2024 01:15
Last Modified: 02 Sep 2024 01:15
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44054

Actions (login required)

View Item View Item