ANALISIS PESAN PERSUASIF DALAM KREATIVITAS IKLAN (STUDI KASUS TERHADAP IKLAN BCA “ANGGUN KETIPU? #AWASMODUS”)

Purnamasari, Dewi (2023) ANALISIS PESAN PERSUASIF DALAM KREATIVITAS IKLAN (STUDI KASUS TERHADAP IKLAN BCA “ANGGUN KETIPU? #AWASMODUS”). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK (A) DEWI PURNAMASARI/915200007 (B) ANALISIS PESAN PERSUASIF DALAM KREATIVITAS IKLAN (STUDI KASUS TERHADAP IKLAN BCA “ANGGUN KETIPU? #AWASMODUS”) (C) xvii+75 hlm, Tahun 2023, 2 tabel, 6 gambar, 3 lampiran (D) PERIKLANAN Abstrak: Kasus penipuan yang mengatasnamakan BCA marak terjadi pada tahun 2022 sehingga menimbulkan kekhawatiran bagi nasabah. Kemudian BCA merilis iklan “Anggun Ketipu? #AwasModus” untuk menyampaikan pesan kepada nasabah agar menolak berbagai macam modus penipuan. Fokus penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pesan persuasif dalam kreativitas iklan BCA “Anggun Ketipu? #AwasModus”. Teori dan konsep yang digunakan adalah kreativitas iklan dan pesan persuasif elemen AIDCA (Attention, Interest, Desire, Conviction, Action). Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Data tersebut dianalisis secara deskriptif, lalu diperiksa keabsahannya dengan triangulasi sumber data dan teori. Hasil penelitian ini adalah kehadiran Anggun Cipta Sasmi sebagai narator dan ambassador dalam iklan mampu menarik perhatian audiens di awal penayangan; tayangan beberapa kasus penipuan beserta solusinya yang dikemas dengan unsur komedi dan memposisikan target penipuan sebagai pahlawan mampu merangsang rasa ingin tahu audiens; kata kunci “Tolak dengan Anggun” menggerakan keinginan audiens untuk segera melakukan penolakan; narasi yang diiringi musik tradisional serta adanya apresiasi dalam iklan mampu memengaruhi emosi audiens; penyampaian pesan “Tolak dengan Anggun” secara berulang mampu menekankan relevansinya kepada audiens sehingga mendorong tindakan penolakan. Pesan persuasif dalam kreativitas iklan BCA ini mampu tersampaikan dengan baik kepada audiens. Kata Kunci: Pesan Persuasif, Kreativitas, Iklan BCA, Edukasi, Penipuan (E) DAFTAR PUSTAKA: 18 buku, 5 jurnal (F) Gregorius Genep Sukendro, S.Sos., M.S.i

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 02 Sep 2024 07:51
Last Modified: 02 Sep 2024 07:51
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44095

Actions (login required)

View Item View Item