VIMALA YANTHI, VALENCIA (2023) STRATEGI DAN TEKNIK KOMUNIKASI PERSUASIF PADA LIVE SHOPPING TIKTOK (ANALISIS AKUN @LOUISSESCARLETTFAMILY). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK (A) VALENCIA VIMALA YANTHI/915200034 (B) STRATEGI DAN TEKNIK KOMUNIKASI PERSUASIF PADA LIVE SHOPPING TIKTOK (ANALISIS AKUN @LOUISSESCARLETTFAMILY) (C) 16 + 122 hlm, Tahun 2023, gambar 9, lampiran 3 (D) PUBLIC RELATIONS Abstrak: Pandemi Covid-19 menuntut masyarakat untuk beradaptasi dengan kegiatan secara daring, salah satunya kegiatan ekonomi. Perdagangan elektronik (ecommerce) menjadi aspek penting dalam menjaga kelangsungan aktivitas ekonomi sehingga memungkinkannya tetap berjalan bahkan secara daring. Pemanfaatan e-commerce sangat populer di masyarakat Indonesia sehingga mendorong platform TikTok untuk menghadirkan fitur-fitur seperti Tiktok Shop dan TikTok Live. Kedua fitur ini digunakan untuk kegiatan jual beli online secara real time, yang biasa dikenal dengan live shopping. Akun @louissescarlettfamily aktif melakukan live shopping dan berhasil mencatat rekor penjualan produk terbanyak se-Asia Tenggara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan teknik komunikasi persuasif yang dilakukan akun @louissescarlettfamily pada live shopping di TikTok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus, dengan merujuk pada teori strategi komunikasi persuasif oleh DeFleur dan Ball-Rokeach dan teori teknik komunikasi persuasif oleh Howell. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa akun @louissescarlettfamily menerapkan strategi psikodinamika dan the meaning construction. Akun tersebut menggunakan lima teknik yaitu teknik transfer, putting it up to you, bandwagon, say it with flowers, dan reassurance pada live shopping di TikTok. Selain itu, peneliti juga menemukan adanya penerapan komunikasi koersif dengan menekankan pada keterbatasan waktu untuk menciptakan urgensi dan mempercepat keputusan pembelian. Kata Kunci: komunikasi persuasif, live shopping, TikTok (E) DAFTAR PUSTAKA: 11 (buku), 23 (jurnal) (F) Dra. Suzy Azeharie, M.A., M.Phil.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | FIKOM Perpus |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 02:22 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 02:22 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44119 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |