ANALISIS FENOMENA INTERAKSI PARASOSIAL DALAM PENGGUNAAN APLIKASI BUBBLE FOR JYPNATION ( STUDI PADA PENGGEMAR STRAY KIDS )

ANGELICA TENDEAN, MARIA (2024) ANALISIS FENOMENA INTERAKSI PARASOSIAL DALAM PENGGUNAAN APLIKASI BUBBLE FOR JYPNATION ( STUDI PADA PENGGEMAR STRAY KIDS ). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK (A) NAMA/NIM : Maria Angelica Tendean / 915200075 (B) JUDUL SKRIPSI : Analisis Fenomena Interaksi Parasosial Dalam Penggunaan Aplikasi Bubble For JYPnation (Studi Pada Penggemar Stray Kids) (C) 54 hlm, Tahun 2023, table 3, gambar 10, Lampiran 4 (D) BIDANG KONSENTRASI : Public Relations Abstrak: Interaksi parasosial adalah interaksi yang terjadi di antara seorang individu dengan seorang artis atau tokoh media yang mereka kagumi. Korean Wave merupakan sebuah tren yang sedang berkembang saat ini. Stray Kids merupakan sebuah boygroup yang berasal dari Korea Selatan dan berada di bawah naungan JYP Entertainment. Stray Kids memiliki penggemar yang dinamakan STAY. Aplikasi bubble for JYPnation merupakan sebuah aplikasi yang digunakan oleh para anggota Stray Kids untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan penggemar mereka. Penelitian ini menganalisis tentang fenomena interaksi parasosial yang terjadi di antara STAY dengan para anggota Stray Kids melalui aplikasi bubble for JYPnation. Teori dan konsep yang digunakan di dalam penelitian ini adalah teori uses and gratification, new media, interaksi parasosial, dan penggemar. Pendekatan yang digunakan di dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode penelitian fenomenologi. Data – data di dalam penelitian ini diambil dari melakukan observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Ketika menggunakan aplikasi bubble for JYPnation, STAY dapat memenuhi kebutuhan interaksi sosial yang mereka butuhkan. Dikarenakan para anggota Stray Kids cukup aktif dalam menggunakan aplikasi bubble ini, STAY dapat merasa lebih dekat seperti seorang teman dengan anggota Stray Kids. Dengan menggunakan aplikasi ini, STAY juga dapat mendapatkan informasi terbaru mengenai anggota Stray Kids. Kata Kunci: Interaksi Parasosial, Stray Kids, Penggemar, Aplikasi bubble for JYPnation (E) DAFTAR PUSTAKA: 1 (buku), 22 (jurnal), 11 (artikel) (F) NAMA PEMBIMBING: Lusia Savitri Setyo Utami, S.Sos., M.Si.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 03 Sep 2024 06:20
Last Modified: 03 Sep 2024 06:20
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44174

Actions (login required)

View Item View Item