ANALISIS KOMUNIKASI VIRTUAL ANTARANGGOTA KELOMPOK GAMERS (STUDI KASUS TIM MOBILE LEGEND POSEIDON)

YUDITHA EMMANUEL, RONALD (2023) ANALISIS KOMUNIKASI VIRTUAL ANTARANGGOTA KELOMPOK GAMERS (STUDI KASUS TIM MOBILE LEGEND POSEIDON). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK (A) RONALD YUDITHA EMMANUEL/915200087 (B) ANALISIS KOMUNIKASI VIRTUAL ANTARANGGOTA KELOMPOK GAMERS ( STUDI KASUS TIM MOBILE LEGEND POSEIDON ) (C) xviii+65hlm, Tahun 2023, table 4, gambar 2, Lampiran 4 (D) JURNALISTIK Abstrak: Mobile Legend merupakan salah satu game online bergenre Moba atau Multiplayer Online Battle Arena di mana setiap pemain harus saling bekerja sama untuk memenangkan permainannya. Setiap permainan dibagi menjadi dua tim dengan satu tim berjumlah lima orang dengan role yang berbeda, role merupakan peran setiap hero di dalam Mobile Legend yang dikelompokkan berdasarkan tugas dan fungsinya dalam sebuah permainan. Komunikasi menjadi faktor penting di dalam permainan ini karena dalam permainannya harus memiliki strategi yang harus dijalankan bersama, maka dari itu kerja sama tim diperlukan. Biasanya di dalam permainan Mobile Legend komunikasi virtual dan komunikasi kelompok menjadi pilihan utama pemain agar dapat menjalankan strategi yang telah dipersiapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan komunikasi virtual antaranggota kelompok di dalam tim Poseidon. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh dari kegiatan wawancara dengan 4 orang informan, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi menjadi hal terpenting dalam bermain game Mobile Legend dan pemilihan media komunikasi yang akan digunakan juga memiliki peran yang sangat penting bagi para gamers agar dapat berkomunikasi virtual dengan nyaman. Di dalam sebuah tim harus memiliki seorang leader yang menjadi sosok utama dalam mengarahkan pemain dan menjaga komunikasi supaya tidak terjadi miskomunikasi dan perbedaan pendapat antartim. Kata Kunci: Mobile Legend, komunikasi virtual, media komunikasi, gamers DAFTAR PUSTAKA: 2(buku), 34(jurnal) (E) Lusia Savitri Setyo Utami, S.Sos., M.Si

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 03 Sep 2024 06:50
Last Modified: 03 Sep 2024 06:50
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44183

Actions (login required)

View Item View Item