ANALISIS KECANDUAN MEDIA SOSIAL PADA FENOMENA FEAR OF MISSING OUT (STUDI PADA PENGGUNAAN INSTAGRAM DI KALANGAN PENGGEMAR K-POP INDONESIA)

MARIA, MEIFRANTY (2024) ANALISIS KECANDUAN MEDIA SOSIAL PADA FENOMENA FEAR OF MISSING OUT (STUDI PADA PENGGUNAAN INSTAGRAM DI KALANGAN PENGGEMAR K-POP INDONESIA). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK (A) MEIFRANTY MARIA / 915200095 (B) ANALISIS KECANDUAN MEDIA SOSIAL PADA FENOMENA FEAR OF MISSING OUT (STUDI PADA PENGGUNAAN INSTAGRAM DI KALANGAN PENGGEMAR K-POP) (C) 55 hlm, Tahun 2023, table 3, gambar 3, Lampiran 6 (D) JURNALISTIK Abstrak: Kemudahan akses internet dapat memicu permasalahan fisik maupun mental seperti kecanduan media sosial. Masalah kecanduan media yang dialami dapat berpotensi menimbulkan kecemasan sosial atau Fear of Missing Out (FoMO). Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan kecanduan media sosial Instagram dan fenomena FoMO di kalangan penggemar K-Pop Indonesia. Dengan menggunakan metode fenomenologi, penelitian kualitatif ini melibatkan wawancara dan observasi terhadap pengguna Instagram yang juga merupakan penggemar K-Pop. Teori ketergantungan media juga konsep media sosial, kecanduan media sosial, dan penggemar K-Pop digunakan sebagai dasar untuk mempelajari objek dan subjek penelitian. Hasilnya menunjukkan bahwa narasumber tidak menunjukkan tanda-tanda kecanduan pada penggunaan Instagram dalam upaya mencari informasi terkini dan momen-momen penting yang melibatkan idolanya. Fenomena FoMO juga hanya muncul ketika penggemar tidak dapat ikut serta dalam acara K-Pop tertentu yang dihadiri oleh seseorang yang dikenal. Oleh karena itu, penelitian ini dapat memberikan gambaran penggemar K-Pop yang, jika dinyatakan, tidak menunjukkan tanda-tanda kecanduan media sosial. Kata Kunci: Kecanduan, Media Sosial, Fear of Missing Out, Penggemar KPop (E) DAFTAR PUSTAKA: 1 (artikel), 1 (buku), 35 (skripsi), 38 (jurnal), (F) Lusia Savitri Setyo Utami, S.Sos., M.Si. mengenai tingkatan penggunaan media sosial bagi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 03 Sep 2024 07:11
Last Modified: 03 Sep 2024 07:11
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44190

Actions (login required)

View Item View Item