STRATEGI KOMUNIKASI GREEN WELFARE INDONESIA MELALUI SOSIAL MEDIA UNTUK MENARIK MINAT GENERASI MUDA TERHADAP ISU LINGKUNGAN

Elysia, Elysia (2023) STRATEGI KOMUNIKASI GREEN WELFARE INDONESIA MELALUI SOSIAL MEDIA UNTUK MENARIK MINAT GENERASI MUDA TERHADAP ISU LINGKUNGAN. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK (A) ElYSIA / 915200128 (B) STRATEGI KOMUNIKASI GREEN WELFARE INDONESIA DALAM MENARIK MINAT GENERASI MUDA TERHADAP ISU LINGKUNGAN (C) xiv + 55 halaman, Tahun 2023, table 1, gambar 19, Lampiran 3 (D) JURNALISTIK (E) ABTRAK: Beberapa tahun belakang, isu lingkungan telah menimbulkan ancaman serius dimana polusi Indonesia meningkat drastis dan menjadi salah satu negara yang paling berkontribusi terhadap polusi udara global. Akun instagram @greenwelfare.id merupakan salah satu organisasi yang berfokus di bidang lingkungan dengan membangun inisiasi berupa pengajaran edukasi iklim untuk generasi muda. Objek pada penelitian ini adalah instagram dikarenakan jumlah penggunanya yang paling banyak dan bentuk kontennya yang sederhana, mudah dipahami, dan digemari generasi muda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi melalui media sosial dalam menarik minat generasi muda terhadap isu lingkungan. Analisis penelitian ini didasari oleh teori Komunikasi Persuasif dan Elaboration Likelihood Model (ELM). Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus pada followers dan pengelola akun instagram GWF. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa Instagram menjadi sarana utama yang digunakan GWF dengan menggunakan copywriting yang efektif dan mengoptimalkan fitur-fitur yang tersedia di Instagram sehingga memudahkan dalam penyampaian pesan persuasif pada jalur sentral dan periferal. Jalur sentral dilakukan dengan pemberitaan informasi terkini dan ruang berkolaborasi pada media sosial, dan periferal dilakukan dengan cara penyajian konten dengan menyelenggarakan event-event dan kekuatan visual yang kuat. Teori ELM mendukung adanya pengaruh media sosial terhadap minat dan kesadaran generasi muda dalam menyuarakan isu lingkungan. Kata Kunci: Instagram, Isu Lingkungan, Kesadaran Masyarakat, Copywriting (F) DAFTAR PUSTAKA: 11 buku (2010-2019), 11 jurnal (G) AHMAD DJUNAIDI, SS., M.Si. (H)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 04 Sep 2024 02:50
Last Modified: 04 Sep 2024 02:50
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44223

Actions (login required)

View Item View Item