Analisis Perlindungan Hukum Terhadap Calon Penumpang Batavia Air Yang Terkena Pembatalan Secara Sepihak Akibat Pailit Ditinjau Dari Undang-Undang No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (Studi Kasus Putusan No.77/PAILIT/2012/PN.NIAGA.JKT.PST)/oleh Axel Octavius

OCTAVIUS, AXEL (2013) Analisis Perlindungan Hukum Terhadap Calon Penumpang Batavia Air Yang Terkena Pembatalan Secara Sepihak Akibat Pailit Ditinjau Dari Undang-Undang No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (Studi Kasus Putusan No.77/PAILIT/2012/PN.NIAGA.JKT.PST)/oleh Axel Octavius. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANEGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

abstrak (A)Nama : Axel Octavius (205090204) (B) Judul Skripsi: Analisis Perlindungan Hukum Terhadap Calon Penumpang Batavia Air Yang Terkena Pembatalan Secara Sepihak Akibat Pailit Ditinjau Dari Undang ? Undang No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (Studi Kasus Putusan No.77/PAILIT/2012/PN.NIAGA .JKT.PST) (C) Halaman : ix + 84 + 2013 (D)Kata Kunci: Perlindungan Konsumen, Tiket, Pailit, Wanprestasi, Batavia Air. (E) Isi: Manusia dalam mengadakan perjanjian tidak selalu berjalan dengan baik sesuai apa yang merupakan keinginan kedua belah pihak yang mengadakan perjanjian tidak jarang perjanjian itu sering sekali menimbulkan konflik-konflik antara para pihak yang terlibat dalam perjanjian tersebut. Dari Konflik tersebut umumnya timbul oleh adanya wanprestasi seperti pada kasus perusahaan penerbangan Batavia Air yang dinyatakan pailit tidak dapat lagi mengangkut penumpang yang telah membeli tiket dan akan menimbulkan akibat hukum yang berdampak luas dan merugikan konsumen. Perlindungan hukum terhadap konsumen terhadap tiket yang dibatalkan secara sepihak akibat pailit dan pelaksanaan ganti kerugian yang dialami konsumen sebagai upaya perlindungan hukum, dalam hal ini konsumen tidak mendapat perlindungan hukum akibatnya kerugian yang dialami tidak mendapat penggantian. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian hukum normatif, adapun tujuan dari penulis melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui perlindungan hukum dan pelaksanaan ganti kerugian oleh Batavia Air sebagai pelaku usaha kepada konsumen atau calon penumpangnya. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa kesulitan konsumen untuk mendapatkan pengembalian uang pembayaran yang disebabkan tidak cukupnya aset dari Batavia Air untuk melunasi kewajibannya. Kesimpulan dalam kasus Batavia Air, bahwa perlindungan hukum terhadap konsumen yang telah membeli tiket pesawat tidak terpenuhi dan sistem hukum kepailitan di Indonesia tidak berpihak pada kepentingan kreditur mayoritas. Penulis berharap kasus ini dapat menjadi pembelajaran bagi semua pihak dalam melaksanakan perjanjian (standar kontrak) khususnya dalam perjanjian jasa transportasi agar lebih memperhatikan aspek perlidungan konsumen dan lebih mendasarkan perjanjian tersebut pada Undang ? Undang Perlindungan Konsumen. (F)Acuan: 22 (1986-2013) (G) Pembimbing Dr. Suyud Margono, S.H., M.Hum., CIArb. (H) Peneliti Axel Octavius

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 17 Jul 2018 07:57
Last Modified: 17 Jul 2018 07:57
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/4435

Actions (login required)

View Item View Item