DAMPAK PEMASARAN DIGITAL DAN KEPERCAYAAN ONLINE DENGAN MEDIASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA NIAT BELI DI MARKETPLACE TOKOPEDIA

Frankline, Vincentius (2023) DAMPAK PEMASARAN DIGITAL DAN KEPERCAYAAN ONLINE DENGAN MEDIASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA NIAT BELI DI MARKETPLACE TOKOPEDIA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Vincentius Frankline - 115200154 JA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRACT (A). VINCENTIUS FRANKLINE (115200154) (B). THE IMPACT OF DIGITAL MARKETING AND ONLINE TRUST WITH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT MEDIATION ON PURCHASE INTENTION IN THE TOKOPEDIA MARKETPLACE (C). LKK (D). MARKETING MANAGEMENT (E). Abstract: In this era of digitalization, marketplaces have an important role in the economic development of companies, individuals, and countries, especially as the development of the internet and smartphones continues. Currently, Indonesia is in a transition period due to COVID-19 (endemic) where buying and selling transactions have started to return to normal (offline). However, this does not rule out the possibility of online transactions because people have been used to shopping online for almost 3 years. Because technology continues to develop, a company must also be able to keep up, such as in the field of marketing to survive in the market, digital marketing and online trust with the mediation of customer relationship management will influence a person's buying intentions, therefore this research aims to find out and provides empirical information on the influence of digital marketing, online trust with CRM mediation on someone's purchase intention on the Tokopedia marketplace. The author used a quantitative descriptive research method, data collection used in this research used a cross-sectional method, where the method used for sampling used a non-probability sampling technique with purposive sampling type. The sample used in this research consisted of 201 consumer samples located in JaBoDeTaBek and using the Tokopedia marketplace. This research uses PLS–SEM 4 to analyze and process data. The results of the hypothesis in this study show that digital marketing and online trust mediated by Customer Relationship Management significantly influence purchase intentions in the Tokopedia marketplace. (F). Digital Marketing, Online Trust, CRM, Purchase Intention, Tokopedia (G). References (H). Hetty Karunia Tunjungsari S.E., M.Si, Dr. ABSTRAK (A). VINCENTIUS FRANKLINE (115200154) (B). DAMPAK PEMASARAN DIGITAL DAN KEPERCAYAAN ONLINE DENGAN MEDIASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA NIAT BELI DI MARKETPLACE TOKOPEDIA (C). LKK (D). MANAJEMEN PEMASARAN (E). Abstrak: Saat era digitalisasi ini Marketplace memiliki peran penting bagi perkembangan ekonomi baik dari perusahaan, individu, maupun negara terlebih lagi disusul pula dengan perkembangan dari internet dan telepon pintar. Saat ini pun Indonesia berada dalam masa peralihan dimana transaksi jual beli pun sudah mulai kembali normal (offline) tetapi tidak menutup kemungkinan untuk bertransaksi secara online karena Masyarakat sudah terbiasa selama hampIr 3 tahun untuk berbelanja secara online sebuah Perusahaan – pun harus bisa mengikuti perbedaan zaman seperti dari segi pemasaran, pemasaran secara digital dan kepercayaan online dengan adanya mediasi customer relationship management akan mempengaruhi niat beli seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memberikan informasi pengaruh secara empiris pemasaran digital, kepercayaan online dengan mediasi CRM terhadap niat beli seseorang pada marketplace Tokopedia. Penulis menggunakan metode penelitian desriptif kuantitatif, pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini digunakan metode cross sectional, dimana metode yang dipakai untuk pengambilan sampel dengan menggunakan Teknik non-probability sampling dengan jenis purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumal 201 sampel konsumen yang berlokasi di JaBoDeTaBek dan menggunakan marketplace Tokopedia. penelitian ini menggunakan PLS – SEM 4 sebagai alat untuk menganalisa dan mengolah data. Hasil dari hipotesis pada penelitian ini menunjukkan bahwa pemasaran digital, kepercayaan online yang dimediasi oleh Customer Relationship Management memiliki pengaruh yang signifikan positif terhadap niat beli di marketplace Tokopedia. (F). Pemasaran Digtial, Kepercayaan Online, CRM, Niat beli, Tokopedia (G). Referensi (H). Hetty Karunia Tunjungsari S.E., M.Si, Dr.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 10 Sep 2024 07:49
Last Modified: 10 Sep 2024 07:49
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44398

Actions (login required)

View Item View Item