IMPRESSION MANAGEMENT JOKOWI MELALUI MEDIA ONLINE (ANALISIS WACANA KRITIS PADA INILAH.COM DAN TRIBUNNEWS.COM DALAM BERITA KONSER SALAM DUA JARI)

RAHARJO, FRANSISCA (2015) IMPRESSION MANAGEMENT JOKOWI MELALUI MEDIA ONLINE (ANALISIS WACANA KRITIS PADA INILAH.COM DAN TRIBUNNEWS.COM DALAM BERITA KONSER SALAM DUA JARI). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK (A) FRANSISCA RAHARJO (B) IMPRESSION MANAGEMENT JOKOWI MELALUI MEDIA ONLINE (ANALISIS WACANA KRITIS PADA INILAH.COM DAN TRIBUNNEWS.COM DALAM BERITA KONSER SALAM 2 JARI) (C) x + 100 hlm, 2015, 25 gambar, 4 tabel, lampiran (D) PUBLIC RELATIONS Abstrak : Penelitian ini membahas tentang impression management terhadap sosok Jokowi pada konser salam 2 jari yang dilakukan oleh inilah.com dan tribunnews.com. Dalam penelitian ini menggunakan teori impression management yang didukung dengan teknik analisis wacana dari Norman Fairclough untuk melihat berbagai sudut pandang berita yang diangkat melalui tiga dimensi, yaitu teks, praktek kewacanaan, dan praktek sosiokultur dalam membentuk kesan melalui berita yang disajikan. Kemudian dilanjutkan dengan menganalisis dan mengartikan tiap-tiap komentar yang ditinggalkan oleh para pembaca pada berita sebagai bentuk kesan�kesan mereka terhadap sosok Jokowi dari berita yang telah mereka konsumsi. Adapun dari penelitian yang telah dilakukan, didapatkan bahwa proses pengelolaan kesan yang dilakukan oleh inilah.com yang cenderung menyajikan berita negatif dan tribunnews.com dengan berita yang cenderung positif, mampu membentuk kesan tersendiri dengan apa yang disajikan dalam berita. Karena kesan sendiri merupakan hal mendasar yang menggambarkan karakteristik masing-masing individu yang kemudian dijadikan sebuah dasar dalam merespon sesuatu hal dan menjadi konsisten dengan apa yang ada dalam benaknya. (E) Daftar Pustaka ( 1992 – 2009 ) (F) Drs. Widayatmoko, M.M

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 12 Sep 2024 01:12
Last Modified: 12 Sep 2024 01:12
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44465

Actions (login required)

View Item View Item