(B) MULTIKULTURALISME PEMBERITAAN PERNIKAHAN BEDA AGAMA (ANALISIS WACANA KRITIS TERHADAP PEMBERITAAN SIBER DI REPUBLIKA ONLINE, KOMPAS.COM DAN SINARHARAPAN.CO)

DHARMA, SILVIANA (2015) (B) MULTIKULTURALISME PEMBERITAAN PERNIKAHAN BEDA AGAMA (ANALISIS WACANA KRITIS TERHADAP PEMBERITAAN SIBER DI REPUBLIKA ONLINE, KOMPAS.COM DAN SINARHARAPAN.CO). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK (A) SILVIANA DHARMA (915110037) (B) MULTIKULTURALISME PEMBERITAAN PERNIKAHAN BEDA AGAMA (ANALISIS WACANA KRITIS TERHADAP PEMBERITAAN SIBER DI REPUBLIKA ONLINE, KOMPAS.COM DAN SINARHARAPAN.CO) (C) liii+292 halaman, 2015, tabel 126, gambar 8, lampiran 18 (D) JURNALISTIK Abstrak: Penelitian ini bertema tentang pernikahan beda agama dalam kerangka berita yang ditampilkan media siber di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus yang bertujuan mempelajari secara mendalam variabel kehidupan sosial pada satu unit sosial, yakni institusi media. Dengan pendekatan kualitatif, teknik analisis data yang digunakan ialah analisis wacana kritis Norman Fairclough. Penelitian ini mengusung konsep jurnalisme keberagaman dan berupaya menganalisis media siber, seperti Republika Online, Kompas.com dan Sinarharapan.co termasuk ke dalam kategori media yang cenderung mendukung keberagaman, oposisi atau mengabaikan isu ini. Kecenderungan tersebut akan dilihat dari segi tekstualnya (analisis teks), dimensi kewacanaan (discourse practice) serta dimensi praktis sosial (sociocultural practice). Hasil penelitian menunjukkan, media berbasis Islam seperti Republika Online cenderung menolak pelegalan nikah beda agama di Indonesia karena dilarang syariat Islam. Kompas.com dengan spirit humanisme transedentalnya mendukung kepastian hukum pasangan beda agama. Sementara Sinarharapan.co yang berlatar Kristen nampak mengabaikan karena target khalayaknya bukan berfokus pada isu semacam ini. Kata Kunci: jurnalisme keberagaman, media siber, nikah beda agama, analisis wacana kritis, Norman Fairclough (E) Daftar Pustaka 180 (1989-2015) (F) Dr. Eko Harry Susanto, M.Si.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 12 Sep 2024 01:57
Last Modified: 12 Sep 2024 01:57
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44470

Actions (login required)

View Item View Item