PESAN BERMUATAN TEROR DALAM PEMBERITAAN MEDIA SIBER (Analisis Isi Pemberitaan Pembunuhan James Foley pada 3 Media Siber Detik.com, Kompas.com dan Merdeka.com)

RAMADHAN, REZA (2015) PESAN BERMUATAN TEROR DALAM PEMBERITAAN MEDIA SIBER (Analisis Isi Pemberitaan Pembunuhan James Foley pada 3 Media Siber Detik.com, Kompas.com dan Merdeka.com). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK (A) REZA RAMADHAN (915110106) (B) PESAN BERMUATAN TEROR DALAM PEMBERITAAN MEDIA SIBER (C) XVIII + 72 hlm, tabel 10, gambar 1 (D) JURNALISTIK Abstrak: Penelitian ini akan menganalisis Seberapa besar Pesan Bermuatan Teror Terdapat dalam Pemberitaan Aksi Teroris di Media Siber. Penelitian ini mengenai Pemberitaan pembunuhan James Foley periode 20-21 Agustus 2014 pada Detik.com, Kompas.com dan Merdeka.com. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan Kuantitatif. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik analisis isi. Selanjutnya, dalam tahapan penelitian ini menggunakan uji reabilitas antar-coder dengan formula Holsti untuk mengetahui seberapa besar pesan bermuatan teror Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat pesan bermuatan teror dalam pemberitaan ketiga media siber tersebut. Dalam dimensi ketakutan Detik.com mendominasi pada kategori Kambing hitam v sebesar 52,9% dan kategori propaganda sebesar 50 %. Kategori terbanyak yang terdapat pada Kompas.com adalah adalah Kategori ancaman sebesar 36,8% yang jumlahnya sama besar dengan Detik.com. Merdeka.com mendominasi kategori kebencian sebesar 75% dan kategori pembenaran 66,7%. Lalu pada dimensi kekejaman merdeka.com mendominasi di tiap kategori kecuali pada kategori memberikan atribusi yang tidak relevan didominasi detik.com. Merdeka.com memuat gambar yang memuat kengerian sebesar 45,5% dan memuat kata-kata glosifikasi sebanyak 100% dibanding yang lainnya. Sedangkan dimensi membahayakan hanya terdapat pada pemberitaan Merdeka.com Kata Kunci : media siber, pesan bermuatan teror, analisis isi (E) Daftar Pustaka : 25 (1989-2013) (F) Dr. (Can) Riris Loisa, M.Si

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 13 Sep 2024 05:57
Last Modified: 13 Sep 2024 05:57
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44510

Actions (login required)

View Item View Item