“REPRESENTASI MASKULINITAS PADA IKLAN MEMASAK. ANALISIS SEMIOTIKA: PADA IKLAN KECAP SEDAAP VERSI AYAH JAGO MASAK.”

MARCELLA, MARCELLA (2016) “REPRESENTASI MASKULINITAS PADA IKLAN MEMASAK. ANALISIS SEMIOTIKA: PADA IKLAN KECAP SEDAAP VERSI AYAH JAGO MASAK.”. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK (A) MARCELLA (915110140) (B) Representasi Maskulinitas Pada Iklan Memasak. Analisis Semiotika: Pada Iklan Kecap Sedaap Versi Ayah Jago Masak (C) xii+83hal, Lampiran , 2015 (D) Periklanan / Advertising Dalam masyarakat banyak sekali isu dan mitos mengenai maskulinitas namun banyak dari isu dan mitos tersebut tidak pasti kebenarannya. Dari banyak isu-isu dan mitos seputar gender, isu dan mitos maskulinitas masih sedikit untuk dibahas walaupun ada. Kebanyakan penelitian gender mengangkat topik mengenai feminitas dan wanita. Karena alasan itu, penelitian ini menjadi perlu untuk membantu menjawab isu-isu serta mitos mengenai maskulinitas yang berkembang di masyarakat. Peneliti tertarik dengan isu dan mitos mengenai “Apakah aktifitas memasak akan menghilangkan sisi maskulinitas pria.” Dengan bantuan video Kecap Sedaap Versi Ayah Jago Masak, peneliti akan mencoba menjawab dan mengaji guna mengungkap kebenaran dari isu maskulinitas diatas. Peneliti menggunakan analisis semiotika Roland Barthes karena dianggap paling sesuai dalam mencari jawaban tentang isu maskulinitas diatas untuk mengungkap pesan berupa makna dan simbol dari tanda-tanda yang tersembunyi dibalik video TVC Kecap Sedap Versi Ayah Jago Masak. Melalui kesimpulan analisis dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pekerjaan dosmestik yang dikerjakan laki-laki tidak mengubah laki-laki tersebut menjadi kemayu/kehilangan maskulinitasnya. Intinya bukan pekerjaan yang mengubah individu melainkan individu itu sendiri yang beradaptasi dengan pekerjaannya. Selain itu dapat disimpulkan juga bahwa mitos bersifat tidak tetap dan dapat berubah seiring perkembangan zaman. Pada abad ini, bahwa memasak hanya tugas perempuan saja seolah sirna. Karena pada era ini memasak telah menjadi sebuah pekerjaan yang dapat diseriusi dan menghasilkan laba. (E) Daftar Pustaka 39 buku (1972-2013) (F) SAMSUNUWIJATI MAR’AT PROF.DR

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 13 Sep 2024 08:11
Last Modified: 13 Sep 2024 08:11
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44539

Actions (login required)

View Item View Item