Karakteristik kekuatan mekanis serat karbon poros roda belakang go-kart (TM - 1369)

Aldian, Achmad (2024) Karakteristik kekuatan mekanis serat karbon poros roda belakang go-kart (TM - 1369). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
515200043_ACHMAD_Cover.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
515200043_ACHMAD_Pengesahan.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
515200043_ACHMAD_Daftar Isi.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text
515200043_ACHMAD_Bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] Text
515200043_ACHMAD_Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] Text
515200043_ACHMAD_Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (864kB)
[img] Text
515200043_ACHMAD_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
515200043_ACHMAD_Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img]
Preview
Text
515200043_ACHMAD_Daftar Pustaka.pdf

Download (206kB) | Preview

Abstract

Saat ini pengembangan komposit bergantung pada kebutuhan industri untuk material yang ringan dan kuat. Salah satu komposit yang paling umum dibuat adalah komposit berpenguat serat. Kain polyester terbuat dari serat sintetis poliester, yang merupakan polimer yang dihasilkan dari reaksi kimia antara asam dan alkohol. Polimerisasi adalah proses kimiawi di mana molekul-molekul kecil bergabung untuk membentuk rantai panjang polimer. kain breather, terutama digunakan saat membuat produk dengan serat kaca (fiberglass), serat karbon, atau bahan komposit lainnya. Fungsi utama kain breather adalah untuk memungkinkan udara dan gas keluar dari laminasi selama proses curing. Serat karbon memiliki kekuatan dan modulus elastisitas yang sangat tinggi, sehingga dapat meningkatkan kinerja mekanis poros roda. Tujuan utama penggunaan serat karbon adalah untuk meningkatkan kekuatan dan kekakuan poros roda.Metode pengolahan data yang dilakukan adalah melakukan pengujian impact, pengujian bending test, dan kekerasan vickers pada serat karbon twill terhadap sifat komposit untuk meningkatan karakteristik poros roda belakang go-kart. Setelah itu dilakukan setelah itu akan dilakukan pengujian bending test ASTM D790 untuk pengujian impak ASTM 6110 setelah itu melakukan pengujian kekerasan vickers ASTM E92.nilai impact tertinggi diperoleh pada proses Pengujian Impact dengan perbandingan karbon terhadap resin 80/20 pada spesimen C yaitu 0,327 joule/

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 15 Sep 2024 09:47
Last Modified: 15 Sep 2024 09:47
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44559

Actions (login required)

View Item View Item