APLIKASI TEORI DRAMATURGI DALAM FILM INDONESIA (ANALISA SEMIOTIKA FILM STAND UP COMEDY – COMIC 8)

ARTSANTLY, FLORENCIA YESICA (2015) APLIKASI TEORI DRAMATURGI DALAM FILM INDONESIA (ANALISA SEMIOTIKA FILM STAND UP COMEDY – COMIC 8). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK (A) FLORENCIA YESICA ARTSANTLY (B) APLIKASI TEORI DRAMATURGI DALAM FILM INDONESIA (ANALISA SEMIOTIKA FILM STAND UP COMEDY – COMIC 8) (C) xiii + 133 hlm, 2014, 1 tabel, 21 gambar (D) PUBLIC RELATIONS Abstrak : Penelitian ini membahas mengenai teori dramaturgi yang diaplikasikan dalam film Indonesia serta bagaimana teori semiotika Barthes menjelaskan film yang dipilih sebagai subyek penelitian, yaitu film Comic 8. Penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif ini bertujuan untuk membuktikan adanya makna tersembunyi yang ingin dikomunikasikan melalui film ini. Dalam penelitian ini penulis hendak menjelaskan hubungan dari setiap adegan yang ada yang kemudian akan penulis coba kaitkan dengan judul penelitian. Apabila kita melihat judul penelitian, Aplikasi Teori Dramaturgi dalam Film Indonesia (Analisa Semiotika Film Stand Up Comedy – Comic 8), maka adegan-adegan di dalam film akan penulis teliti, bagaimana teori dramaturgi diaplikasikan ke dalam sebuah film, bagaimana para pemainnya merepresentasikan diri mereka sehari-hari. Selain itu, penulis pun akan menganalisis film ini menggunakan teori semiotika Barthes. Hal ini penulis lakukan guna menemukan makna tersembunyi dari setiap adegan atau dialog yang menyatakan kritikan terhadap kehidupan sosial masyarakat serta terhadap pemerintah. (E) Daftar Pustaka 15 ( 2003 – 2014 ) (F) Drs. Sudarso, M.M.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 18 Sep 2024 02:04
Last Modified: 18 Sep 2024 02:04
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44597

Actions (login required)

View Item View Item