Pengendalian mutu dan penjaminan mutu atas pemeriksaan BPK atas laporan keuangan Pemerintah Daerah tahun anggaran 2022 (studi kasus pada AKN VI)

Asidik, Muhammad Syam (2023) Pengendalian mutu dan penjaminan mutu atas pemeriksaan BPK atas laporan keuangan Pemerintah Daerah tahun anggaran 2022 (studi kasus pada AKN VI). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Muhammad Padil 126231046 JA.pdf

Download (867kB) | Preview

Abstract

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) adalah lembaga negara yang mendapatkan mandat untuk melakukan pemeriksaan atas pengelolaan dan tanggungjawab keuangan negara. Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) merupakan salah satu objek pemeriksaan BPK. Pemeriksaan atas LKPD tersebut merupakan penugasan Auditorat Utama Keuangan Negara VI (AKN VI) BPK. Pada tahun 2023, AKN VI telah melakukan pemeriksaan atas LKPD Tahun Anggaran 2022. Pemeriksaan tersebut dilaksanakan oleh Kantor BPK Perwakilan (Satuan Kerja dibawah AKN VI) yang bertempat pada setiap provinsi di wilayah timur Indonesia. Untuk menjamin mutu pemeriksaan keuangan negara dalam hal ini pemeriksaan atas LKPD, BPK melaksanakan pengendalian dan penjaminan mutu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengendalian mutu dan penjaminan mutu terhadap pemeriksaan yang dihasilkan oleh BPK Perwakilan di AKN VI. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif untuk menjelaskan proses pengendalian mutu dan penjaminan mutu serta hasil reviu berupa masukan-masukan yang disampaikan oleh pereviu AKN VI atas hasil pemeriksaan LKPD. Hasilnya adalah sistem pengendalian mutu dan penjaminan mutu atas hasil pemeriksaan telah ditetapkan dan diterapkan oleh BPK, serta dengan adanya penjaminan mutu berupa reviu opini pemeriksaan LKPD oleh AKN VI, dapat memberikan masukan perbaikan agar dapat menjaga kualitas hasil pemeriksaan LKPD. Kata Kunci: BPK, Pemeriksaan Keuangan Negara, LKPD, Pengendalian Mutu, Penjaminan Mutu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Tesis
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 18 Sep 2024 02:43
Last Modified: 23 Sep 2024 05:43
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44606

Actions (login required)

View Item View Item