MAKNA PESAN IKLAN TELEVISI SAMPOERNA HIJAU VERSI “MINUM ES KACANG IJO”

RAKASIWI, ELIA (2016) MAKNA PESAN IKLAN TELEVISI SAMPOERNA HIJAU VERSI “MINUM ES KACANG IJO”. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK (A) ELIA RAKASIWI (915110162) (B) MAKNA PESAN IKLAN TELEVISI SAMPOERNA HIJAU VERSI “MINUM ES KACANG IJO” (C) xi + 71 hlm, 2016, table 1, gambar 14, lampiran 2 (D) PERIKLANAN ABSTRAK : Penelitian ini membahas tentang makna pesan iklan televisi Sampoerna Hijau Versi “Minum Es Kacang Ijo”. Iklan televisi itu akan dianalisis dengan kajian semiotika. Semiotika adalah suatu ilmu atau metode analisis untuk mengkaji tanda. Dalam penelitian ini, digunakan sebuah teori semiotika dari Charles Sanders Pierce. Yang menghubungkan antara tanda, objek, serta interpretasi. Alas an penggunaan model analisis semiotika Pierce banyak menggunakan menganalisis teks (kata), dimana hal tersebut sesuai dengan konten iklan televisi sampoerna hijau versi “minum es kacang ijo”. Cara menganalisis iklan berdurasi tiga puluh detik itu adalah dengan membagi kedalam beberapa adegan (scene), kemudian mengidentifikasi dan mengklasifikasi tanda yang terdapat dalam tiap scene. Hasil analisis semiotika terhadap iklan televisi sampoerna hijau versi “minum es kacang ijo” adalah dimana setiap tanda, potongan kata, serta tingkah laku setiap adegan menunjukkan adanya keterkaitan dengan proses iklan sampoerna hijau versi “minum es kacang ijo”. Kata Kunci : Makna, Tanda (E) DAFTAR PUSTAKA : (1996-2012) (F) Dr. Suwarto, M.Si.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 18 Sep 2024 03:08
Last Modified: 18 Sep 2024 03:08
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44613

Actions (login required)

View Item View Item