Analisis pengaruh proporsi dewan komisaris independen, ukuran perusahaan, dan leverage dengan GCG sebagai variabel moderasi terhadap konservatisme akuntansi

Difananda, Saskiya Sasa (2023) Analisis pengaruh proporsi dewan komisaris independen, ukuran perusahaan, dan leverage dengan GCG sebagai variabel moderasi terhadap konservatisme akuntansi. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Sakiya Sasa Difananda 126231036 JA.pdf

Download (937kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh proporsi dewan komisaris independen, ukuran perusahaan, dan Leverage dengan Good Corporatae Governance (GCG) terhadap konservatisme akuntansi pada perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2021-2023. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah 51 data perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proporsi Dewan Komisaris Independen, dan Leverage tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap Konservatisme Akuntansi. Sedangkan Ukuran Perusahaan memberikan pengaruh signifikan terhadap Konservatisme Akuntansi. Variabel moderasi GCG tidak memberikan perubahan atau pengaruh yang signifikan terhadap Konservatisme Akuntansi. Kata Kunci: Proporsi Dewan Komisaris Independen, Ukuran Perusahaan, Leverage, Good Corporate Governance, dan Konservatisme Akuntansi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Tesis
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 20 Sep 2024 02:16
Last Modified: 23 Sep 2024 05:40
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44659

Actions (login required)

View Item View Item