ANALISIS SEMIOTIKA STEREOTIPE GENDER DALAM IKLAN SNICKERS VERSI KIPER

NOVIANA, NOVIANA (2015) ANALISIS SEMIOTIKA STEREOTIPE GENDER DALAM IKLAN SNICKERS VERSI KIPER. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK (A) NOVIANA (915110226) (B) ANALISIS SEMIOTIKA STEREOTIPE GENDER DALAM IKLAN SNICKERS VERSI KIPER (C) xii + 108 HLM, 2015, 5 GAMBAR, 4 TABEL (D) PERIKLANAN Penelitian ini membahas tentang adanya ketidaksetaraan dan pelabelan antara laki-laki dan perempuan dalam sebuah iklan yang merepresentasikan stereotipe gender. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengambarkan konstruksi stereotipe gender dalam iklan Snickers versi Kiper dengan mengidentifikasi tanda-tanda yang digunakan dalam iklan tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan analisis semiotik Charles Sander Pierce yang membagi tanda menjadi tiga elemen yaitu sign, object dan interpretant. Semiotik merupakan cara atau metode untuk menganalisis dan memberikan makna yang terdapat pada suatu paket lambang-lambang pesan atau teks. Ditemukan makna tanda dalam iklan Snickers versi Kiper. Penelitian menyimpulkan iklan Snickers versi Kiper mengkonstruksikan stereotipe gender, dimana digambarkan laki-laki sebagai sosok maskulin yang berperan di bidang publik, sedangkan wanita dengan sosok feminim yang memiliki peran di bidang domestik. Pelabelan ini cenderung mengarah negatif pada wanita. Kata Kunci : Iklan Televisi, Semiotika, Stereotipe Gender (E) Daftar Pustaka : 21 (F) Drs. Widayatmoko, MM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 20 Sep 2024 03:28
Last Modified: 20 Sep 2024 03:28
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44680

Actions (login required)

View Item View Item