Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan Penerapan PSAK 73 Sebagai Variabel Moderasi.

Elisabeth, Elisabeth (2023) Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan Penerapan PSAK 73 Sebagai Variabel Moderasi. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Elisabeth 127212011 JA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan –untuk mengkaji faktor kinerja keuangan yang mempengaruhi nilai perusahaan serta memperoleh bukti pengaruh penerapan PSAK 73 terhadap nilai perusahaan pada tahun sebelum dan sesudah penerapan PSAK 73 diwajibkan. Desain/metodologi/pendekatan –Penelitian ini menggunakan 192 data observasi dari perusahaan perdagangan eceran dan transportasi di BEJ periode 4 tahun (2018-2021). Pengujian menggunakan (1) uji beda Wilcoxon pada aplikasi SPSS untuk mendapatkan gambaran perbedaankinerja keuangan dan nilai perusahaan sebelum dan sesudah penerapan PSAK 73, (2) uji regresi data panel dan moderasi pada aplikasi E-views 12 untuk mengetahui pengaruh variabel independen yang dipilih terhadap nilai perusahan sebelum dan sesudah penerapan PSAK 73. Temuan – Hasil penelitian ini membuktikan bahwa (1) Terdapat perbedaan signifikan profitabilitas, solvabilitas, intensitas modal periode sebelum dan sesudah penerapan PSAK 73. sedangkan tidak ada perbedaan signifikan untuk ukuran perusahaan dan nilai perusahaan sebelum dan sesudah penerapan PSAK 73. (2) kinerja keuangan profitabilitas, solvabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Variabel kontrol ukuran perusahaan berpengaruh negatif signifikan, dan intensitas modal tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Variabel moderasi PSAK 73 tidak dapat memoderasi hubungan antara kinerja keuangan dan nilai perusahaan. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan PSAK 73 yang diberitakan berbagai media sebagai penyebab penurunan kinerja beberapa perusahaan yang terdaftar di bursa tidak terbukti. Penelitian juga menunjukkan variabel yang diteliti dapat menjelaskan variabel nilai perusahaan sebesar 62,85% dan 62.72% pada model 1 dan 2. Implikasi praktis – Metode untuk menilai hubungan kinerja keuangan dan nilai perusahaan dapat memberikan gambaran bagi pemangku kepentingan dalam mengambil keputusan investasi. Orisinalitas/nilai Penelitian ini berhasil membuktikan hubungan dari kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan, dan memberikan bukti empiris dampak dari PSAK 73 terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian pertama yang menggabungkan antara uji beda dan uji regresi moderasi atas kinerja keuangan perusahaan Perdagangan eceran dan perusahaan transportasi dalam rentang waktu selama 4 tahun (2 tahun sebelum dan 2 tahun sesudah tahun efektif penerapan PSAK 73 dalam satu makalah penelitian, serta merupakan penelitian pertama yang menggunakan PSAK 73 sebagai variabel moderasi. Kata Kunci : Kinerja keuangan, PSAK 73, Nilai Perusahaan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 20 Sep 2024 07:30
Last Modified: 20 Sep 2024 07:30
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44705

Actions (login required)

View Item View Item