Penilaian nilai saham yang wajar menggunakan metode dividen discount model pada perusahaan sektor energi di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Pratama, Sepdrian Nur (2023) Penilaian nilai saham yang wajar menggunakan metode dividen discount model pada perusahaan sektor energi di Bursa Efek Indonesia (BEI). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Sepdrian Nur Pratama 126231092 JA.pdf

Download (632kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi nilai intrinsik saham perusahaan sektor energi di Bursa Efek Indonesia (BEI) menggunakan Metode Dividend Discount Model (DDM) dengan Model Pertumbuhan Konstan. Fokus utama adalah memberikan pandangan kepada investor tentang potensi investasi dalam saham sektor energi, dengan mempertimbangkan aspek-aspek fundamental dari nilai saham. Melalui pendekatan kuantitatif dan deskriptif, penelitian ini mengunakan data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan sektor energi selama periode 2019 hingga 2023. Teknik analisis data deskriptif digunakan untuk menganalisis rasio keuangan seperti Return on Equity (ROE), Dividend Per Share (DPS), dan Dividend Payout Ratio (DPR), serta mengaplikasikan rumus DDM untuk menentukan nilai intrinsik saham. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling, dengan kriteria saham yang tercatat di Bursa Efek Indonesia dan menerbitkan laporan keuangan serta membayar dividen berturut-turut selama periode penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar saham dalam sampel penelitian, seperti BYAN, ELSA, AKRA, dan ITMG, secara konsisten dinilai undervalued selama periode analisis. Namun, terdapat fluktuasi dalam penilaian beberapa saham, seperti ADRO, TPMA, PTBA, BSSR, dan MBAP, yang mengalami overvaluation dalam beberapa tahun tertentu, menunjukkan perlunya analisis yang lebih mendalam sebelum membuat keputusan investasi. Temuan ini memberikan panduan bagi investor dalam memahami dinamika pasar saham sektor energi dan merencanakan strategi investasi yang lebih efektif. Penelitian selanjutnya dapat melakukan eksplorasi metode penilaian alternatif, memperluas faktor lainnya dalam analisis saham untuk memberikan gambaran lebih lengkap tentang nilai dan prospek jangka panjang sehingga membantu investor membuat keputusan investasi yang lebih bertanggung jawab. Kata Kunci: Saham, Nilai Intrinsik, Metode Dividend Discount Model, Sektor Energi, Analisis Keuangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Tesis
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 20 Sep 2024 11:03
Last Modified: 23 Sep 2024 03:21
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44721

Actions (login required)

View Item View Item