Pengaruh audit fee, audit tenure, dan time budget pressure terhadap kualitas audit (studi kasus pada auditor BPK Perwakilan Provinsi Papua)

Setiadi, Singgih (2023) Pengaruh audit fee, audit tenure, dan time budget pressure terhadap kualitas audit (studi kasus pada auditor BPK Perwakilan Provinsi Papua). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Singgih Setiadi 126231010 JA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Auditing adalah proses yang sistematis dan objektif dalam rangka mendapatkan bukti dan melakukan evaluasi atas suatu kondisi yang dibandingkan dengan kriteria yang sudah ditentukan, dan pada akhirnya membuat pelaporan hasil yang ditujukan kepada pihak terkait. Mengacu kepada Peraturan Nomor 01 Tahun 2007 terkait Standar Pemeriksaan Keuangan Negara menjelaskan bahwa kualitas audit secara langsung akan berpengaruh terhadap kepercayaan para pemangku kepentingan yang dibuktikan dengan kualitas dan kecukupan bukti pemeriksaan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mempelajari mengenai apakah kualitas audit pada Auditor BPK Perwakilan Provinsi Papua dapat dipengaruhi oleh audit fee, audit tenure, serta time budget pressure. Hasil analisis data tersebut didapat dari pengisian kuisioner yang dilakukan oleh para auditor dengan pendekatan berbasis kuantitatif, dengan seluruh pemeriksa atau auditor di lingkungan BPK RI Perwakilan Provinsi Papua yang merupakan fokus penelitian dengan metode purposive sampling guna memperoleh sampel yang sesuai kriteria. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa kualitas audit tidak dipengaruhi oleh audit fee. Walaupun pemeriksa mungkin mendapatkan biaya atau pemasukan yang variatif, hal tersebut tidak secara langsung berdampak pada kualitas audit. Kualitas audit juga tidak dipengaruhi oleh audit tenure. Meskipun pemeriksa BPK RI Perwakilan Provinsi Papua mungkin seringkali berhadapan dengan auditee yang sama, hal tersebut tidak mempengaruhi secara langsung kualitas audit yang dihasilkan, serta Time budget process berpengaruh positif terhadap kualitas audit yang menunjukkan bahwa time budget pressure berdampak positif pada kualitas audit, serta mencerminkan seorang auditor mempunyai time budget pressure yang semakin baik membuat kualitas hasil laporan audit pun juga baik. Kata Kunci : Audit fee, Audit Tenure, Time Budget Process, Kualitas Audit, Auditor, Pemeriksa BPK RI Perwakilan Provinsi Papua

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Tesis
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 20 Sep 2024 11:09
Last Modified: 23 Sep 2024 03:21
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44722

Actions (login required)

View Item View Item