Kirana, Brigitta Teesa (2024) Perancangan kampanye sosial sindrom burnout untuk usia 18-25 tahun (DKV - 3052). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
|
Text
625200026_BRIGITTA_Cover.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
625200026_BRIGITTA_Daftar Isi.pdf Download (125kB) | Preview |
|
![]() |
Text
625200026_BRIGITTA_Bab 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
|
![]() |
Text
625200026_BRIGITTA_Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (572kB) |
|
![]() |
Text
625200026_BRIGITTA_Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) |
|
![]() |
Text
625200026_BRIGITTA_Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (518kB) |
|
![]() |
Text
625200026_BRIGITTA_Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
|
Text
625200026_BRIGITTA_Daftar Pustaka.pdf Download (131kB) | Preview |
Abstract
Sindrom burnout merupakan kondisi stres hingga kelelahan berkepanjangan yang memburuk. Seorang tokoh psikologi klinis bernama Herbert Freudenberger memperkenalkan kondisi ini kepada khalayak umum pada tahun 1974. WHO memaparkan bahwa burnout terjadi akibat stress kronis terkait pekerjaan yang belum terkelola. Setiap orang dapat terkena stress, tidak terkecuali generasi z. Generasi z atau gen z merupakan generasi penerus bangsa. Namun, gen z adalah generasi yang mudah terkena stress dan kecemasan. Burnout yang tidak teratasi dapat berpotensi menyebabkan depresi dan menurunkan imun tubuh. Oleh karena itu, tujuan dilakukannya perancangan ini, yakni menghasilkan kampanye sosial melalui media khususnya digital seperti media sosial dan website untuk menyuarakan khususnya melalui pemberian solusi secara spesifik dan ringkas dengan harapan dapat meminimalisir sindrom Burnout pada usia 18-25 tahun. Metode yang digunakan pada proyek ini terdiri dari dua metode, antara lain metode penelitian dan perancangan. Metode penelitian yang dilakukan meliputi studi pustaka terkait topik, survei kuisioner terhadap target audiens, wawancara ahli, dan observasi kampanye terdahulu. Sedangkan metode perancangan dimulai dari proses kreatif, penentuan media/strategi media, dan perancangan visual kampanye. Hasil dari perancangan ini berupa desain konten tips sekaligus reminder berilustrasi untuk media sosial Instagram dan website. Dihasilkan juga konten-konten lainnya, meliputi ads, quotes, reminder, positive affirmation, mini game, challenge, informasi, maupun seputar kampanye. Dengan demikian, hal ini menjadi solusi atau langkah awal dalam meminimalisir burnout sebelum semakin memburuk.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Seni Rupa dan Desain |
Divisions: | Fakultas Seni Rupa dan Desain > Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | TDI Family perpus |
Date Deposited: | 22 Sep 2024 02:16 |
Last Modified: | 22 Sep 2024 02:16 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44754 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |