Sunsugos, Sunsugos (2024) Perancangan komunikasi visual media pelatihan karakter untuk remaja (DKV - 3059). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
|
Text
625200075_SUNSUGOS_Cover.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
625200075_SUNSUGOS_Daftar Isi.pdf Download (8kB) | Preview |
|
![]() |
Text
625200075_SUNSUGOS_Bab 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
|
![]() |
Text
625200075_SUNSUGOS_Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
|
![]() |
Text
625200075_SUNSUGOS_Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
|
![]() |
Text
625200075_SUNSUGOS_Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
|
![]() |
Text
625200075_SUNSUGOS_Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (809kB) |
|
|
Text
625200075_SUNSUGOS_Daftar Pustaka.pdf Download (8kB) | Preview |
Abstract
Banyak terjadi kasus kekerasan dalam lingkungan pendidikan, khususnya intoleransi, perundungan, dan kekerasan seksual. Padahal lingkungan pendidikan sudah seharusnya menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi siswa untuk menuntut ilmu. Kekerasan - kekeraan ini dapat berdampak buruk pada kondisi siswa, baik secara fisik maupun mental. Hal ini tentunya sangat berbahaya dan mengandung urgensi yang sangat besar. Salah satu faktor penyebabnya adalah ketidaktahuan para siswa akan bentuk-bentuk kekerasan yang dilarang dan berbahaya. Banyak pelatihan yang telah dilakukan mengenai topik permasalahan ini, namun media-media yang digunakan tergolong konvensional dan kurang interaktif. Board Game dapat menjadi alternatif media yang lebih interaktif dan dapat dimanfaatkan sebagai salah satu media untuk mensosialisasikan bentuk-bentuk kekerasan kepada siswa remaja. Lewat board game, target mengalami dan terlibat langsung dalam proses pengambilan keputusan, sehingga dapat lebih memahami pesan yang disampaikan. Tujuan penelitian ini adalah menemukan perancangan visual dalam bentuk board game yang dapat mendukung sosialisasi mengenai kekerasan dalam lingkungan pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dalam mengumpulkan data dimana peneliti melakukan wawancara dan studi literatur pada buku,jurnal, dan sumber lainnya sebagai dasar dalam merancang. Sementara dalam proses perancangan, peneliti menerapkan metode design thingking sebagai dasar dalam merancang komunikasi visual yang efektif dan menarik dalam bentuk board game sebagai media pelatihan untuk mengenal bentuk-bentuk kekerasan dalam lingkungan pendidikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Seni Rupa dan Desain |
Divisions: | Fakultas Seni Rupa dan Desain > Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | TDI Family perpus |
Date Deposited: | 22 Sep 2024 10:17 |
Last Modified: | 22 Sep 2024 10:17 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44761 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |