Pengaruh Pengalaman Auditor, Tekanan Waktu dan Independensi Terhadap Kualitas Audit dengan Skeptisme Profesional Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik di Jakarta)

Agustin, Ricy Dwi (2023) Pengaruh Pengalaman Auditor, Tekanan Waktu dan Independensi Terhadap Kualitas Audit dengan Skeptisme Profesional Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik di Jakarta). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Ricy Dwi Agustin 127221017 JA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kualitas audit masih menjadi salah satu tantangan bagi profesi akuntan publik. Bertitik tolak dari permasalahan ini, maka tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh variabel Pengalaman Auditor, Tekanan Waktu, dan Independensi secara parsial terhadap Kualitas Audit; kemudian untuk mengetahui peran variabel Skeptisme Profesional dalam memperkuat/memperlemah pengaruh Pengalaman Auditor terhadap Kualitas Audit, pengaruh Tekanan Waktu terhadap Kualitas Audit, dan pengaruh Independensi terhadap Kualitas Audit. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi adalah eksternal auditor senior sampai dengan partner pada Kantor Akuntan Publik (KAP) yang berdomisili di DKI Jakarta. Teknik sampling Teknik pengumpulan data melalui survei, dengan menyebarkan kuesioner. Teknik analisis data mencakup analisis deskriptif, Partial Least Square- Structural Equation Modeling (PLS-SEM), dan regresi moderasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengalaman Audior berpengaruh positif, namun tidak signifikan terhadap Kualitas Audit; bahwa Tekanan Waktu berpengaruh positif namun tidak signifikan; Independensi berpengaruh positif dan signifikan. Kemudian Skeptisme Profesional memoderasikan (memperkuat) pengaruh Pengalaman Auditor terhadap Kualitas Audit secara signifikan; memperkuat pengaruh Tekanan Waktu terhadap Kualitas Audit, namun tidak signifikan; dan memperkuat pengaruh Independensi terhadap Kualitas Audit. Selain itu, penelitian juga membuktikan Pengalaman Auditor dan Independensi terhadap Kualitas Audit dimoderasi Skeptisme Profesional sejalan dengan grand- theory, yakni theory of planned behavior (TPB). Namun sebaliknya, Tekanan Waktu terhadap Kualitas Audit yang dimoderasi Skeptisme Profesional justru berpengaruh positif sehingga tidak sejalan dengan grand-theory, yakni theory of planned behavior (TPB). Adapun implikasi penelitian ini bagi KAP maupun personal auditor adalah hendaknya memperhatikan dan meningkatkan tiga variabel yang terbukti mempengaruhi kualitas audit secara signifikan, yakni tekanan waktu, independensi auditor, dan skeptisme profesional. Kata kunci: Pengalaman Auditor, Tekanan Waktu, Independensi, Skeptisme Profesional, dan Kualitas Audit

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 03:15
Last Modified: 24 Sep 2024 03:15
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44777

Actions (login required)

View Item View Item