Putri, Grivenna Lavender (2024) Perancangan komunikasi visual kampanye sosial 3R reusable tote bag (DKV - 3065). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
|
Text
625200005_GRIVENNA_Cover.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
625200005_GRIVENNA_Pengesahan.pdf Download (587kB) | Preview |
|
|
Text
625200005_GRIVENNA_Daftar Isi.pdf Download (79kB) | Preview |
|
![]() |
Text
625200005_GRIVENNA_Bab 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
|
![]() |
Text
625200005_GRIVENNA_Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
|
![]() |
Text
625200005_GRIVENNA_Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (629kB) |
|
![]() |
Text
625200005_GRIVENNA_Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
625200005_GRIVENNA_Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
Text
625200005_GRIVENNA_Daftar Pustaka.pdf Download (55kB) | Preview |
Abstract
Penggunaan reusable tote bag menjadi tren populer seiring dengan kebijakan pemerintah dalam mengatasi limbah plastik terhadap lingkungan. Sesuai namanya, reusable tote bag merupakan tas yang dipakai berulang dan ramah lingkungan. Jika dibandingkan dengan penggunaan plastik, reusable tote bag yang digunakan secara tepat tentu lebih baik bagi lingkungan. Namun, studi menyatakan bahwa 40% masyarakat lupa membawa reusable tote bag sehingga memilih membeli yang baru. Situasi ini meningkatkan produksi reusable tote bag karena tingginya minat pasar. Akhirnya, banyak reusable tote bag yang hanya dipakai satu kali atau bahkan tidak sama sekali, lalu berakhir menjadi sampah. Kondisi inilah yang kemudian mengakibatkan kepemilikan reusable tote bag menjadi penumpukan yang tidak sebanding dengan penggunaannya sehari-hari. Jika dibiarkan, reusable tote bag yang seharusnya menjadi jalan keluar yang minim bahaya akan menjadi fatal bagi lingkungan. Oleh karena itu diperlukannya komunikasi visual yang efektif salah satunya dengan menggunakan prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle) untuk membangun kesadaran dan mengedukasi pemuda usia 20-30 tahun sebagai upaya meminimalisir penumpukan reusable tote bag. Target audience dalam kampanye ini yakni emuda yang berdomisili di Jakarta, aktif menggunakan sosial media, tertarik dengan perilaku sederhana berdampak besar. Proses perancangan dimulai dari identifikasi masalah, pengumpulan data, analisa data, mencari insight, big idea dan small idea, konsep perancangan visual dan media, serta implementasi visual. Metode komunikasi 5T, 5A, dan spurring action juga digunakan untuk mencapai hasil akhir yang efektif dan mampu mengubah perilaku target. Hasil dari perancangan adalah kampanye sosial "Selamanya Punya Arti" yang menyadarkan, mengedukasi target agar dapat memaksimalkan penggunaan dan meminimalisir penumpukan reusable tote bag.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Seni Rupa dan Desain |
Divisions: | Fakultas Seni Rupa dan Desain > Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | TDI Family perpus |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 02:08 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 02:08 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44852 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |