Kalinda, Kimi (2024) Perancangan desain komunikasi visual pada tokoh horor Indonesia (DKV - 3081). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
|
Text
625200043_KIMI_Cover.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
625200043_KIMI_Pengesahan.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text
625200043_KIMI_Daftar Isi.pdf Download (279kB) | Preview |
|
![]() |
Text
625200043_KIMI_Bab 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (788kB) |
|
![]() |
Text
625200043_KIMI_Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) |
|
![]() |
Text
625200043_KIMI_Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (646kB) |
|
![]() |
Text
625200043_KIMI_Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (745kB) |
|
![]() |
Text
625200043_KIMI_Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text
625200043_KIMI_Daftar Pustaka.pdf Download (230kB) | Preview |
Abstract
Seiring berjalannya waktu, kemajuan teknologi dan internet menjadi sangat besar sehingga muncul pekerjaan yang dapat dikerjakan secara luring melewati internet, dari youtuber, influencer, dan live streaming. Salah satu cabang budaya yang muncul dari live streaming adalah VTuber. VTuber adalah istilah dari singkatan virtual youtuber, dimana manusia asli menggunakan avatar karakter anime untuk membuat konten live streaming di platform Youtube atau Twitch. Di tahun 2016, muncul adanya VTuber pertama bernama Kizuna Al, namun dengan munculnya pandemi Covid-19, industri VTuber berkembang secara pesat. Metode yang digunakan saat perancangan laporan tugas akhir ini menggunakan data primer dengan mewawancarai penggemar virtual youtuber dan melakukan survei dan data sekunder dengan melakukan studi pustaka dari berbagai penulisan. Visual branding merupakan hal penting untuk virtual youtuber, hal tersebut itu digunakan untuk membuat virtual youtuber tersebut menonjol dari yang lainnya dan mudah diingat dibenak penggemar. Mengamati dari roster virtual youtuber, adanya kurang desain virtual youtuber yang berbasis tokoh horor Indonesia, banyak dari mereka melekat dengan desain atau motif budaya Jepang atau western meskipun mereka adalah virtual youtuber yang berasal dari Indonesia. Hal tersebut disebabkan oleh budaya anime yang sangat terikat dengan budaya Jepang. Dengan itu, tujuan perancangan ini betujuan untuk menghasilkan model virtual youtuber dengan desain yang terinspirasi dari tokoh horor Indonesia sebagai visual branding utama, dengan target sasaran berusia 19-24 tahun dan sebagai penggemar virtual youtuber.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Seni Rupa dan Desain |
Divisions: | Fakultas Seni Rupa dan Desain > Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | TDI Family perpus |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 06:07 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 06:07 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44869 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |