Perbedaan Faktor Perilaku Pembelian Consumer Goods secara Online Ditinjau berdasarkan Aspek Demografi

Angelique, Maria (2024) Perbedaan Faktor Perilaku Pembelian Consumer Goods secara Online Ditinjau berdasarkan Aspek Demografi. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
File 6. Cover-Abstrak.pdf

Download (547kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan Hierarki Kebutuhan Maslow, manusia memiliki serangkaian kebutuhan yang harus dipenuhi, dan yang pertama adalah kebutuhan fisiologis. Oleh karena itu, manusia melakukan transaksi dari konsumen ke produsen untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Terjadinya pandemi COVID-19 menyebabkan pertumbuhan e-commerce semakin meningkat, tetapi di sisi lain, toko-toko konvensional mulai tutup secara bertahap. Transformasi dari transaksi tatap muka ke layar tentu saja menyebabkan perubahan pada cara konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami perbedaan faktor yang memengaruhi perilaku pembelian konsumen secara online berdasarkan aspek demografi ketika membeli consumer goods. Penelitian ini menggunakan pengukuran Consumer Buying Behavior Online dalam bentuk survei dengan lima skala Likert dengan tujuh dimensi, yaitu: (1) kebutuhan akan rekreasi, (2) masalah keamanan, (3) pencarian informasi, (4) iklan dan promosi, (5) kenyamanan, (6) atribut situs web, dan (7) jejaring sosial. Partisipan dalam penelitian ini adalah mereka yang berada di usia 18-56 tahun yang memiliki pengalaman berbelanja online. Terdapat total partisipan sebanyak 307 orang dalam penelitian ini. Penelitian ini menemukan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan yang memengaruhi faktor perilaku pembelian consumer goods secara online jika ditinjau dari jenis kelamin (p = 0.664 > 0.05) dan pendapatan (p = 0.093 > 0.05). Namun jika dianalisis lebih dalam, dimensi Atribut Situs Web (p = 0.034 < 0.05) dan Jejaring Sosial (p = 0.015 < 0.05) menggambarkan perbedaan faktor perilaku pembelian yang signifikan jika dilihat berdasarkan jenis kelamin. Selain itu, terdapat faktor perbedaan perilaku pembelian online yang signifikan jika dilihat dari pengelompokkan usia (p = 0.031 < 0.05) dan pendidikan terakhir (p = 0.000 < 0.05). Usia yang lebih tua cenderung enggan untuk berbagi informasi pribadi dan ragu untuk melakukan pembayaran online. Jika ditinjau berdasarkan pendidikan terakhir, semakin tinggi pendidikan yang dimiliki individu, maka semakin dalam mereka membutuhkan detail informasi terkait barang yang ingin dibeli.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rita Markus Idulfilastri, Ir., M.Psi., Dr.
Uncontrolled Keywords: Perilaku Pembelian Konsumen, Consumer Goods, Consumer Buying Behavior, Faktor Pembelian
Subjects: Penelitian
Skripsi/Tugas Akhir
Penelitian > Fakultas Psikologi
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 16 Oct 2024 09:03
Last Modified: 16 Oct 2024 09:03
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44905

Actions (login required)

View Item View Item