Hubungan antara Fear Of Missing Out dengan Social Media Engagement terhadap Pengguna Facebook pada Dewasa Tengah

Marcela, Sherly Pricilia (2024) Hubungan antara Fear Of Missing Out dengan Social Media Engagement terhadap Pengguna Facebook pada Dewasa Tengah. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
File 6. Cover-Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Di Indonesia, pengguna media sosial berasal dari berbagai kalangan usia, tidak hanya remaja dan dewasa awal, tetapi juga dewasa tengah hingga dewasa akhir. Penggunaan media sosial ini erat kaitannya dengan fenomena fear of missing out (FOMO), di mana individu menggunakan media sosial sebagai alat berkomunikasi agar tidak tertinggal informasi dari lingkungan sosialnya, yang kemudian menyebabkan timbulnya perilaku social media engagement. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara FOMO dengan social media engagement pada pengguna Facebook di kalangan dewasa tengah, dengan sampel 300 individu berusia 40 hingga 65 tahun yang aktif menggunakan Facebook. Metode yang digunakan adalah non-probability sampling jenis purposive sampling, dan alat ukur yang digunakan adalah Fear Of Missing Out Scale dan Social Media Engagement (SME) Questionnaire. Hasil penelitian menunjukkan nilai p sig. sebesar 0.000 < 0.05 dan nilai r = 0.745, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara FOMO dengan social media engagement, dengan tingkat hubungan yang kuat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Denrich Suryadi, M.Psi., Psikolog
Uncontrolled Keywords: Fear Of Missing Out, Social Media Engagement, Facebook, Dewasa Tengah
Subjects: Penelitian
Skripsi/Tugas Akhir
Penelitian > Fakultas Psikologi
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 21 Oct 2024 03:36
Last Modified: 21 Oct 2024 03:36
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44952

Actions (login required)

View Item View Item