Marcela, Sherly Pricilia (2024) Hubungan antara Fear Of Missing Out dengan Social Media Engagement terhadap Pengguna Facebook pada Dewasa Tengah. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
|
Text
File 6. Cover-Abstrak.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Di Indonesia, pengguna media sosial berasal dari berbagai kalangan usia, tidak hanya remaja dan dewasa awal, tetapi juga dewasa tengah hingga dewasa akhir. Penggunaan media sosial ini erat kaitannya dengan fenomena fear of missing out (FOMO), di mana individu menggunakan media sosial sebagai alat berkomunikasi agar tidak tertinggal informasi dari lingkungan sosialnya, yang kemudian menyebabkan timbulnya perilaku social media engagement. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara FOMO dengan social media engagement pada pengguna Facebook di kalangan dewasa tengah, dengan sampel 300 individu berusia 40 hingga 65 tahun yang aktif menggunakan Facebook. Metode yang digunakan adalah non-probability sampling jenis purposive sampling, dan alat ukur yang digunakan adalah Fear Of Missing Out Scale dan Social Media Engagement (SME) Questionnaire. Hasil penelitian menunjukkan nilai p sig. sebesar 0.000 < 0.05 dan nilai r = 0.745, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara FOMO dengan social media engagement, dengan tingkat hubungan yang kuat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Denrich Suryadi, M.Psi., Psikolog |
Uncontrolled Keywords: | Fear Of Missing Out, Social Media Engagement, Facebook, Dewasa Tengah |
Subjects: | Penelitian Skripsi/Tugas Akhir Penelitian > Fakultas Psikologi Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Admin Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 03:36 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 03:36 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44952 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |