Hubungan Stres dengan Indeks Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Angkatan 2021

HADI, MOCH FIKRI SEPTYO (2023) Hubungan Stres dengan Indeks Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Angkatan 2021. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
HADI, MOCH FIKRI SEPTYO 405200171.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Hubungan Stres dengan Indeks Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Angkatan 2021 Dalam dunia pendidikan, setiap mahasiswa memiliki target untuk dicapai dengan membutuhkan usaha ataupun kerja keras. Selama proses melakukan usaha akan mengalami beberapa kendala dan hambatan yang harus dihadapi sehingga semakin lama akan terasa sangat sulit. Selain itu, kegiatan belajar berkaitan dengan aktifitas jiwa atau faktor-faktor psikis yang dapat mempengaruhi, salah satunya adalah stres. Peneliti bertujuan meneliti tentang hubungan antara stres dengan prestasi belajar mahasiswa fakultas kedokteran angkatan 2021. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan pendekatan potong lintang (cross sectional). Sampel penelitian adalah Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara angkatan 2021 dengan menggunakan purposive sampling. Stress diukur dengan kuisioner Perceives Stress Scale (PSS) sedangkan prestasi belajar diukur dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Analisis dilakukan dengan uji chi-square menggunakan aplikasi SPSS for Windows versi 21.0. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara angkatan 2021 mengalami stress sedang yaitu sebanyak 145 orang (70,4%) dan memiliki IPK ≥ 3 yaitu sebanyak 149 orang (72,3%). Terdapat hubungan antara stres dengan indeks prestasi belajar mahasiswa fakultas kedokteran Universitas Tarumanagara Angkatan 2021 (p=0,013). Stres dapat menurunkan prestasi akademik karena dapat menimbulkan perasaan-perasaan tidak nyaman, tidak percaya diri, penolakan, marah, depresi, memicu sakit kepala, sakit perut, dan insomnia. Stres yang tidak dapat dikendalikan dapat juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan dan perubahan perilaku serta emosional yang dapat mengganggu proses belajar dari individu yang mengalaminya. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan stress dapat mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa. Oleh karena itu, sebaiknya dilakukan pemeriksaan psikiatri ke mahasiswa fakultas kedokteran yang mengalami stress untuk mencegah penurunan prestasi belajar. Penelitian selanjutnya dapat dilakukan pada angkatan yang berbeda untuk melihat pengaruh perbedaan semester pada tingkat stress dan IPK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Tadjudin, Noer Saelan
Uncontrolled Keywords: stress, indeks prestasi belajar, mahasiswa
Subjects: Penelitian
Penelitian > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 17 Jan 2025 09:13
Last Modified: 17 Jan 2025 09:13
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44974

Actions (login required)

View Item View Item