Analisis Terhadap Perlindungan Konsumen Pengguna Jasa Kereta Api Dalam penjualan Tiket Melalui Calo Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian / oleh Fransisca Permata Dewi

DEWI, FRANSISCA PERMATA (2013) Analisis Terhadap Perlindungan Konsumen Pengguna Jasa Kereta Api Dalam penjualan Tiket Melalui Calo Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian / oleh Fransisca Permata Dewi. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANEGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

abstrak (A)Nama : Fransisca Permata Dewi (205090141) (B) Judul Skripsi : Analisis Terhadap Perlindungan Konsumen Pengguna Jasa Kereta Api Dalam penjualan Tiket Melalui Calo Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian (C)Halaman: x + 109 halaman+ 29+lampiran (D)Kata Kunci : calo, konsumen, UUPK, kereta api, tiket (E)Isi: Interaksi manusia terus terjalin dan berkembang seiring berjalannya waktu untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Salah satu bentuk interaksi dapat terlihat dalam hubungan pelaku usaha dan konsumen dalam upaya pemenuhan kebutuhan barang dan jasa. Salah satu kebutuhan masyarakat dibidang jasa yang terpenting ialah transportasi. Kereta api menjadi salah satu moda transportasi darat, khususnya transportasi massal dengan harga yang cukup terjangkau. Sesuai dengan ketentuan peraturan perlindungan konsumen secara umum, pelaku usaha pengangkutan kereta api yakni PT. KAI wajib memenuhi kewajibannya memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen dalam rangka pemenuhan hak-hak konsumen. Namun, pada kenyataannya hak-hak konsumen sebagai penumpang belum dapat terpenuhi.Terlihat kedudukan konsumen cenderung lemah dan membutuhkan perlindungan khususnya dengan adanya calo yang menjual tiket dengan harga lebih mahal dari loket resmi. Permasalahan bagaimana bentuk perlindungan hukum terhadap pengguna jasa kereta api dalam penjualan tiket melalui calo berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian. Metode penelitian yang digunakan penulis ialah metode penelitian hukum normatif, hingga diperoleh hasil bahwa pada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian bahkan sesungguhnya telah diatur mengenai pelarangan penjualan tiket diluar loket resmi serta sanksinya, tetapi belum terlihat perlindungan nyata bagi konsumen sesuai ketentuan tersebut, maka berdasarkan penelitian penulis, dapat disimpulkan bahwa bentuk perlindungan konsumen kereta api yang telah diatur dalam ketentuan perlu ditegakkan, dilaksanakan secara tegas, Namun, aturan yang ada juga hanya dapat dijalankan selaras dengan ditingkatkannya pengawasan dari pelaku usaha PT. KAI dan juga kesadaran hukum konsumen. Semoga hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam menegakkan hukum, hak,serta perlindungan konsumen sesuai aturan yang berlaku. (F)Acuan : 29 (1986 - 2011) (G) Pembimbing : Ibu Dr.Susanti Adi Nugroho S.H, M.H

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 18 Jul 2018 07:26
Last Modified: 18 Jul 2018 07:26
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/4506

Actions (login required)

View Item View Item